IBL

Tampaknya LeBron James masih tidak bisa menerima keputusan wasit Eric Lewis yang tidak meniup pelanggaran di detik-detik terakhir saat Los Angeles Lakers berhadapan dengan Boston Celtics. Dia bahkan menyebut Lakers musim ini menjadi tim yang selalu dirugikan wasit. Tapi dari pernyataan tersebut, justru ada yang melakukan riset tentang menit-menit akhir pertandingan NBA musim ini.

LeBron James masih terjebak di tengah kebohongan. Itulah fakta yang coba diungkap oleh Ben Rohrbach dari Yahoo!Sports. Sebab, LeBron masih terlihat kesal ketika tampil di hadapan wartawan. Dia juga menyebut kalau Lakers selalu menjadi "sasaran kesalahan wasit". Dalam arti, Lakers merasa dirugikan wasit di musim ini. 

Apakah yang dikatakan LeBron memang benar? Dan, ternyata Ben Rohrbach yang berhasil mematahkan penyataan Lebron. 

Rochbach membuka data laporan pertandingan, khususnya di dua menit terakhir, sejak awal musim 2022-2023 hingga akhir bulan Januari 2023. Ternyata data yang didapat cukup mengejutkan. 

"Jadi, saya memutuskan untuk meninjau setiap laporan dua menit terakhir untuk Lakers musim ini, hanya untuk melihat apakah penilaian dari setiap tiupan wasit yang terlambat dalam 19 pertandingan terakhir," kata Rochbach. "NBA menganggap wasitnya telah melewatkan total 34 tiupan atau tidak ada pelanggaran dalam 19 pertandingan tersebut. Ternyata dari jumlah itu, ada 20 pelanggaran yang tidak ditiup menguntungkan bagi Lakers. Dengan kata lain, pelanggaran Jayson Tatum terhadap LeBron James, hanya sebagian kecil dari kesalahan wasit yang merugikan Lakers."

Rochbach juga membuat bagan yang tentang data ini yang menyimpulkan bahwa hanya tiga dari 30 tim NBA yang memiliki lebih dari 60 persen kesalahan wasit yang menguntungkan mereka. Di daftar tersebut LA Clippers yang paling tinggi. Dengan kata lain, kalau LeBron James dan pelatih Darvin Ham mengatakan bahwa Lakers dirugikan wasit, justru data Rochbach menjelaskan bahwa tim yang melawan Lakers banyak mengalami kerugian. 

Sebelumnya, wasit Eric Lewis mengakui kepada media setelah pertandingan bahwa mereka memang tidak melihat pelanggaran tersebut. Kemudian akun Twitter resmi Asosiasi Wasit NBA menulis,"Seperti orang lain, wasit membuat kesalahan. Kami membuat satu di akhir pertandingan tadi malam dan itu memilukan bagi kami. Permainan ini akan sangat membebani dan menyebabkan tidak bisa tidur, karena kami berusaha untuk menjadi wasit terbaik yang kami bisa." (*)

Foto: nba.com

Komentar