IBL

Mesir menjadi peringkat tiga Grup D, Selasa (29/8). Kepastian ini mereka dapatkan setelah menggulung Meksiko 100-72. Selepas tepis mula, Mesir tampil dominan. Selisih 14 poin yang mereka buat di kuarter pertama terus melebar bahkan sempat sampai 28 poin. Kekuatan Mesir di bawah ring jadi kunci kemenangan hari ini. Sebanyak 60 persen dari poin mereka tercipta di paint area. 

Ehab Amin sekali lagi jadi tumpuan Mesir. kali ini bermain 34 menit, Ehab mencetak dobel-dobel 22 poin, 6 rebound, dan 10 asis. Patrick Gardner menyusul dengan 20 poin dan 7 rebound. Assem Marei menambahkan dobel-dobel 16 poin dan 10 rebound. Amr Zahran 14 poin sedangkan Anas Mahmoud 10 poin plus 5 rebound. 

"Sejauh saya tahu, tidak banyak kemenangan untuk Mesir di keikutsertaan mereka di Piala Dunia. Oleh karena itu, ini adalah kemenangan yang bagus untuk Mesir," buka Roy Rana, kepala pelatih Mesir. "Ini kemenangan yang bagus untuk seluruh bagian dari negara ini, federasi, dan seluruh pihak yang terlibat. Kami sedikit merayakannya di ruang ganti, tapi kami tidak akan berhenti di sini. Kami tidak hanya akan mendapatkan satu kemenangan dan sudah selesai. Kami akan fokus untuk gim selanjutnya dan melakukan yang terbaik untuk menang," tandasnya. 

Pako Cruz juga masih jadi andalan Meksiko. Selama 34 menit di lapangan, Pako mencetak 21 poin, 4 rebound, dan 5 asis. Joshua Ibarra juga mencetak 21 poin dan 5 rebound selama 30 menit bermain. Paul Stoll dobel-dobel 11 poin plus 14 asis, sementara Fabian Jaimes melengkapi melalui 11 poin dan 6 rebound. 

"Kami tidak bermain dengan hati ataupun rasa bangga di sini. Ini bukan tentang kemampuan basket kami, ini lebih ke arah sana," terang Pako Cruz, kapten Meksiko usai gim. "Mersir dan kami sama-sama datang dengan dua kekalahan. Akan tetapi, mereka datang ke gim ini dengan energi dan semangat yang berbeda. Saya rasa itu yang hilang dari kami. Kami adalah tim yang juga bagus. Jika kami bermain lebih keras, lebih berenergi, menjalankan instruksi pelatih dengan baik, saya rasa kami bisa menang. Itu tidak terjadi hari ini," sambungnya. 

Ini adalah kemenangan perdana Mesir dalam 20 laga terakhir mereka di Piala Dunia FIBA. Grup D masih akan menentukan juara grup mereka dalam laga lain yang mempertemukan Lithuania dengan Montenegro. (DRMK)

Foto: FIBA

Komentar