IBL

Timnas putri kembali mencetak sejarah. Mereka naik kasta ke FIBA Women's Asia Cup Divisi A. Hal tersebut terjadi setelah Indonesia memastikan diri sebagai juara FIBA Women's Asia Cup Divisi B. Mereka menang dramatis 55-54 atas Iran pada babak final pada Sabtu (19/8) di Nimibutr Stadium, Bangkok.

Pertandingan berjalan cukup sulit bagi Indonesia. Dalam paruh pertama mereka hampir selalu dalam posisi tertinggal. Indonesia perlahan bangkit di kuarter ketiga dan memimpin hingga 9 poin.

Tapi menjelang akhir laga, mereka hampir kehilangan momentum. Tripoin Nahideh Aghdash di 15 detik terakhir menipiskan jarak menjadi satu poin. Dalam sisa waktu itu Indonesia mendapat hadia 4 tripoin tapi tidak ada yang berhasil menjadi angka. Skor itu bertahan hingga akhir dan Indonesia memastikan diri melangkah ke Divisi A.

Kali ini Nathania Orville menjadi pencetak skor tertinggi dengan 16 poin. Dari 6 tembakan yang tepat sasaran, Nathania melesakkan 4 tripoin. Ditambah 6 rebound dan 3 asis. Kimberley Pierre-Louis dobel-dobel dengan 11 poin dan 14 rebound. Agustin Gradita Retong menyumbang 7 poin, 9 asis, dan 4 rebound.

Dalam FIBA Women's Asia Cup 2023 Divisi B ini, Indonesia menjadi tim yang terkalahkan. Mereka lolos fase grup sebagai pemimpin klasemen dengan tiga kemenangan termasuk mengalahkan Iran. Lalu menumbangkan Thailand di semifinal. Indonesia juga berhasil mengalahkan Iran untuk kedua kalinya di laga pamungkas.

Pada FIBA Women’s Asia Cup 2025 mendatang, Indonesia akan tampil di Divisi A. Tim-tim Divisi A terdiri dari Cina, Jepang, Australia, Selandia Baru, Korea Selatan, Filipina, dan Lebanon.

Ini menjadi pertama kalinya Indonesia akan berlaga di Divisi A. FIBA Women’s Asia Cup sendiri membagi dua divisi sejak edisi 1990. Indonesia menggantikan posisi Taiwan yang degradasi dari Divisi A setelah finis di posisi buncit di FIBA Women's Asia Cup 2023.

Tahun ini juga menjadi momen terbaik bagi timnas putri Indonesia. Mereka meraih medali emas pertama di SEA Games 2023 di Kamboja. Setelah itu berhasil promosi ke FIBA Women's Asia Cup Divisi A. Selamat! (rag)

Foto: FIBA

Komentar