IBL

Timnas Putri Indonesia berhasil promosi ke FIBA Women’s Asia Cup Divisi A. Lawan mereka tidak akan mudah. Pada FIBA Women’s Asia Cup 2025 Divisi A, mereka akan bersaing dengan Cina, Jepang, Australia, Selandia Baru, Korea Selatan, Filipina, dan Lebanon. Untuk itu ajang Asian Games 2022 menjadi momen yang tepat untuk menguji kualitas tim.

Manajer sekaligus Penanggung Jawab Timnas Putri Christopher Tanuwidjaja mengatakan waktu istirahat tidak lama. Mereka harus bersiap ke Asian Games 2022 yang berlangsung di Hangzhou, Cina pada 23 September-8 Oktober mendatang.

“Ini sedang kami liburkan dua hari. Karena kami harus bersiap-siap untuk Asian Games di Hangzhou. Kami bertanding tanggal 26 (September). Setelah ini akan ada bantuan pelatihan dari tim Los Angeles Lakers. Target di Asian Games nanti kami mau makan-makan enak,” kata Itop dalam jumpa pers di Kantor PP Perbasi di GBK Arena, Jakarta pada Senin (21/8) itu.

Baca juga: FIBA Women's Asia Cup Divisi A, Kami Datang!

Indonesia berhasil menjadi juara FIBA Women’s Asia Cup 2023 Divisi B pada Sabtu (19/8) lalu di Nimibutr Arena, Bangkok. Dengan hasil itu mereka berhak lolos ke Divisi A pada turnamen berikutnya. Ini merupakan pertama kalinya Indonesia promosi ke Divisi A setelah pembagian divisi sejak 1990 lalu.

Pada saat yang sama Ketua Umum PP Perbasi Danny Kosasih mengatakan Indonesia sudah mencapai target dengan lolos ke Divisi A. Ia mengakui persaingan akan semakin sulit karena Divisi A dihuni oleh tim-tim kuat.

“Setelah ini ada Asian Games. Ini menjadi persiapan untuk berkompetisi di Divisi A. KU-18 putri sudah enam tahun di divisi A, tidak turun, tapi saya berharap (ranking) bosa naik. Jadi, Asian Games ini untuk uji coba anak-anak kesana (FIBA Women’s Asia Cup 2025 Divisi A),” ujar Danny.

Lebih lanjut Itop menjelaskan dalam Asian Games 2022 nanti pihaknya juga akan membawa beberapa pemain muda. Hal ini dilakukan untuk persiapan mereka bergelut di Divisi A nanti. Berbeda dengan FIBA Women’s Asia Cup 2023 Divisi B saat ini yang mayoritas dihuni oleh skuad peraih emas SEA Games 2023.

“Saat ini kami sudah ada beberapa pemain muda untuk Asian Games. Ada (Jesslyn) Angelique yang kami bawa ke Bangkok. Dari Liga Mahasiswa ada Erlita, Angel, Nicole, jadi kami sudah mempersiapkan semua,” imbuh Itop. (rag)

Foto: FIBA

Komentar