IBL

Tim nasional (timnas) putri menggeber persiapan ke Asian Games 2022. Melalui Badan Tim Nasional (BTN), PP Perbasi memanggil 19 pemain ke pemusatan latihan atau training camp (TC). Mereka memiliki waktu persiapan selama dua bulan. Asian Games ke-19 itu berlangsung pada 23 September-8 Oktober di Hangzhou, Cina.

Pemusatan latihan dimulai sejak Rabu (5/7) di GOR CLS, Surabaya. Dari 19 pemain yang dipanggil, 12 pemain merupakan peraih emas SEA Games 2023. Sedangkan tujuh nama baru merupakan pemain muda yang pernah mengikuti TC.

Ketujuh pemain tersebut adalah Angelica Jennifer Candra, Nathania Nicole Sasongko, dan Faizzatus Shoimah. Kemudian ada juga pendatang baru seperti Maxine Maria Sutisna, Jesslyn Angelique Aritonang, Thasya Hery Saputera, dan Namira Ramandha.

Selain itu, timnas putri dalam Asian Games 2022 nanti juga tidak akan dilatih oleh Li Chi Wen atau Coach Sophie. Ia merupakan pelatih yang mengantar timnas putri meraih emas pertama di SEA Games.

“Coach Sophie bukan hanya karena dia sudah membawa kemajuan bagi Basket Putri Indonesia, tapi juga karena dia rela berkorban meninggalkan keluarganya dari sejak pertengahan tahun 2020 sampai sekarang,” kata Penanggung Jawab Timnas Putri Christopher Tanuwidjaja dalam keterangan resminya pada Kamis (6/7) itu.

Marlina Herawan ditunjuk sebagai pelatih baru. Ia merupakan mantan pemain Surabaya Fever. Marlina juga menjadi bagian dari timnas Indonesia saat meraih perak di SEA Games 2015 lalu.

Dalam kariernya usai menjadi pemain, Marlina menjadi asisten pelatih dari pelatih kepala Arif Gunarto pada FIBA Women’s Asia Cup U-18 2017. Mereka membawa timnas putri naik level ke Divisi A.

Itop menjelaskan pemanggilan pemain muda dan pelatih lokal dalam TC ini merupakan bagian dari regenerasi. Ini juga sebagai target jangka panjang untuk mempertahankan emas di SEA Games 2025. (rag)

 

Daftar Pemain yang Mengikuti TC Timnas Putri untuk Asian Games 2022:

1. Adelaide Callista Wongsohardjo

2. Yuni Anggraeni

3. Priscilla Annabel Karen

4. Peyton Alexis Whitted

5. Nathania Claresta

6. Kadek Pratita Citta Dewi

7. Henny Sutjiono

8. Dyah Lestari

9. Clarita Antonio

10. Kimberley Pierre-Louis

11. Dewa Ayu Made Sriartha Kusuma Dewi

12. Agustin Elya Gradita Retong

13. Jesslyn Angelique Aritonang

14. Maxine Maria Sutisna

15. Namira Ramandha

16. Faizzatus Shoimah

17. Nathania Nicole Sasongko

18. Thasya Hery Saputera

19. Angelica Jennifer Candra

 

Foto: Perbasi

Komentar