IBL

Tim nasional (timnas) basket Indonesia bersiap menuju SEA Games 2023. Jika tidak ada halangan, multi event dua tahunan tersebut dijadwalkan berlangsung pada 5-16 Mei 2023 mendatang di Kamboja.

Sebenarnya tahun ini timnas memiliki agenda Asian Games 2022 di Hangzhou, Tiongkok. Namun, tuan rumah memutuskan menunda ke 23 September-8 Oktober 2023.

Tidak ingin membuang waktu lama, PP Perbasi memanggil para pemain untuk melakukan pemusatan latihan atau training camp (TC). Agenda TC tersebut akan berlangsung mulai Senin (12/9) di dua tempat yang berbeda. Untuk timnas putra berada di GBK Arena, Jakarta. Sedangkan timnas putri berada di GOR CLS, Surabaya.

Timnas memiliki agenda besar. Mereka akan berupaya untuk mempertahankan raihan emas SEA Games. Pada SEA Games 2021 yang berlangsung pada Mei lalu di Vietnam, timnas putra berhasil mencetak sejarah dengan menyabet emas untuk pertama kalinya. Mereka berhasil memutus dominasi Filipina sebagai raja basket Asia Tenggara.

"Kami merilis (daftar pemain) ini agak dipercepat karena kami sudah niat banget. Sesuai program setelah IBL kami langsung memulai persiapan SEA Games 2023," kata Sekjen PP Perbasi Nirmala Dewi saat ditemui di sela-sela Rakernas KONI Pusat di Jakarta pada Senin (12/9) itu.

"Pada SEA Games 2023 negara sebelah (Filipina), yang kehilangan medali, mau balik (merebut medali emas) lagi. Ini mempertahankan (medali emas) punya upaya yang lebih. Nah, target emas ini mau kami jadikan budaya baru di generasi sekarang," imbuhnya.

Masing-masing ada 19 pemain dari tim putra dan putri. Untuk tim putri mereka sekaligus melakukan TC untuk tim 5x5 dan 3x3. Sedangkan tim putra sementara hanya tim 5x5 terlebih dahulu.

Tim putra sendiri didominasi oleh para pemain muda. Mayoritas mereka pernah bermain di Indonesia Patriots yang berlaga di IBL 2021 dan 2022. Seperti Ali Bagir, Aldy Izzatur Rachman, Yesaya Saudale, hingga Hendrick Yonga. Dari skuad SEA Games 2021 lalu, ada Yudha Saputra yang masuk daftar panggilan timnas ini. Yudha sendiri memperkuat Prawira Bandung pada IBL 2022 lalu.

Hingga saat ini Perbasi belum memutuskan apakah akan memanggil pemain-pemain senior seperti Abraham Damar Grahita, Vincent Rivaldi Kosasih, Arki Dikania Wisnu, dll. Seperti diketahui para pemain Indonesia di SEA Games 2021 itu baru saja menyelesaikan babak playoff dan final IBL 2022.

"Memang yang paling banyak kami panggil itu pemain muda karena sudah waktunya regenerasi. Saya tidak bilang pemain sekelas Bram atau Arki tidak dipanggil (TC) ya. Itu keputusan pelatih masih perlu mereka atau tidak. Sejauh ini kami siapkan materi-materi pemainnya," imbuh Nirmala. (rag)

Daftar pemain putra:

Ali Bagir Alhadar
Aldy Izzatur Rachman
Yesaya Saudale
Hendrick Xavi Yonga
Yudha Saputera
Mario Davidson
Widyanta Putra Teja
Daniel Salamena
Renard Hernando
Karl Patrick Gloria
Fernando Manansang
Andrew Lensun
Mohamad Arighi
Kelvin Sanjaya
Julian Chalias
Gede Elgi Wimbardi
Ida Bagus Ananta
Dame Diagne
Serigne Modou Kane

Antoni Erga

Daftar Pemain Putri:

Priscilla Annabel Karen
Agustin Gradita Retong
Yuni Anggraeni
Dyah Lestari
Clarita Antonio
Jovita Elizabeth Simon
Henny Sutjiono
Mega Nanda Perdana Putri
Adelaide Calista Wongsohardjo
Faizzatus Shoimah
Angelica Jennifer Candra
Nathania Claresta Orville
Gabriel Sophia
Visca Dewi Samsuri
Dewa Ayu Made Sriartha
Kadek Pratita Citta Dewi
Ni Putu Eka Liana
Kimberley Pierre Louis
Peyton Alexis Whitted

Foto: IBL

Komentar