IBL

PP Perbasi sudah menggelar pemusatan latihan untuk SEA Games 2023 sejak 13 September lalu. Ada 20 pemain yang dipanggil di pemusatan latihan tahap pertama ini. Pada 29 September nanti, ada 15 pemain terpilih untuk dibawa ke Nevada, Amerika Serikat. Mereka menggelar pemusatan latihan selama kurang lebih dua bulan.

Namun, ini belum skuad akhir yang akan berlaga di Kamboja tahun depan. Dalam daftar pemain tersebut memang didominasi pemain muda antara 18 sampai 25 tahun. Pelatih Milos Pejic menuturkan bahwa pemanggilan tersebut sangat penting untuk mengasah kemampuan pada pemain muda itu.

“Tim ini diharapkan bisa mengisi roster timnas senior di masa depan. Saat di Amerika Serikat nanti kami akan berlatih lima hingga enam jam per hari. Juga untuk membangun suasana yang positif dalam tim ini,” kata Milos saat ditemui usai sesi latihan di GBK Arena, Jakarta pada Rabu (21/9) itu.

Pelatih asal Serbia itu menjelaskan bahwa pemusatan latihan di Amerika Serikat itu nanti akan berbeda dengan yang dilakukan timnas di Australia pada Juni lalu. Saat itu timnas melakukan tur uji tanding dengan klub-klub NBL1 sebagai persiapan FIBA Asia Cup 2022.

“Ini akan berbeda. Saat di Australia itu bertujuan sebagai pemanasan sebelum kompetisi. Tetapi pemusatan latihan di Nevada nanti kami ingin meningkatkan kemampuan individu pemain dan kerja sama tim,” lanjut Milos.

Baca juga: Pemusatan Latigan Tahap Pertama, Timnas Rencana ke AS (Lagi)

Jika proses pengajuan visa berjalan lancar, timnas akan berangkat ke Negeri Paman Sam itu pada awal Oktober. Lalu mereka kembali lagi ke tanah air pada Desember mendatang. Setelah itu para pemain akan masuk periode kompetisi.

Indonesia Basketball League (IBL) dijadwalkan kembali bergulir pada Januari 2023. Mereka akan memperkuat klub masing-masing. Untuk skuad timnas juga akan turun dengan tim Indonesia Patriots. Tim ini akan berisi pemain-pemain muda dan pemain yang lolos seleksi nasional dan akan ditangani langsung oleh Milos.

Milos menuturkan saat ini memang belum memanggil para pemain senior. Mereka dijadwalkan akan mengikuti pemusatan latihan di tahap berikutnya. Setelah itu barulah ia bisa memilih roster untuk ke SEA Games 2023.

“Para pemain senior saat ini sedang rehat. Mereka telah menjalani musim yang berat sepanjang tahun ini. Setelah IBL selesai, kami akan memanggil pemain senior. Saat ini kami memang ingin memperkuat pondasi tim dengan para pemain muda ini terlebih dahulu,” imbuhnya. (rag)

Foto: Ariya Kurniawan, Hariyanto

Komentar