IBL

Setelah meraih emas SEA Games 2022, kini tim nasional (timnas) Indonesia mendapat ekspektasi besar. Mempertahankan emas di SEA Games 2023. Multievent dua tahunan itu akan berlangsung di Kamboja pada 6-16 Mei 2023 mendatang. Tentu mempertahankan akan lebih sulit daripada merebut emas.

Pelatih Milos Pejic sendiri belum ingin berbicara terlalu jauh mengenai persaingan SEA Games 2023. “Memang terlalu dini untuk membahas soal kompetisinya (SEA Games). Kami pun juga belum tahu roster dari tim-tim lain,” ujar Milos usai sesi latihan di GBK Arena pada Rabu (21/9) itu.

“Untuk SEA Games 2023 nanti, kami mencoba memberikan yang terbaik dengan melakukan persiapan yang terbaik saat ini. Itulah tujuan saya. Tetapi untuk sekarang kita dalam posisi untuk berpikir tentang level (permainan) yang lebih tinggi,” lanjutnya.

 

Jika tidak ada halangan, SEA Games 2023 akan berlangsung kurang dari delapan bulan lagi. PP Perbasi telah memanggil 20 pemain untuk masuk dalam pemusatan latihan tahap pertama. Dari 20 pemain itu, 15 diantaranya akan terpilih untuk melakukan pemusatan latihan di Nevada, Amerika Serikat selama dua bulan.

Dari jadwal program yang Milos jelaskan, setelah dari Amerika Serikat, para pemain akan berlaga di Indonesian Basketball League (IBL). Kompetisi itu dimulai pada Januari 2023. Setelah IBL selesai, barulah pemusatan latihan lanjutan dilakukan dengan memanggil pemain-pemain potensial untuk ke SEA Games 2023.

Pada SEA Games 2022 di Vietnam lalu, Tim Merah Putih sukses mencetak sejarah dengan merebut emas pertama. Dalam setiap SEA Games regulasi memang ditentukan sesuai keinginan tuan rumah. Saat itu Vietnam menggunakan system setengah kompetisi.

Indonesia sendiri berhasil menyapu bersih enam kemenangan. Di pertandingan terakhir sekaligus penentuan itu, Indonesia menumbangkan dominasi Filipina dan merebut emas pertama.

Pada SEA Games 2022 lalu Indonesia juga membawa pemain debutan (di SEA Games). Seperti Derrick Michael Xzavierro dan Marques Bolden. Mereka memberi kontribusi besar atas kemenangan Indonesia.

Untuk SEA Games 2023 ini Milos berharap setidaknya Derrick kembali tampil. Saat ini Derrick bergabung dengan Grand Canyon University di Divisi 1 NCAA.

“Dia (Derrick) memang akan dipanggil. Kalau untuk Marques nanti tergantung kontrak dengan timnya. Jika dia bermain di G-League, kemungkinan besar sulit (bermain di SEA Games). Tetapi jika dia bermain pada Juli (Summer League), mungkin masih ada kesempatan,” ujar Milos. (rag)

Foto: Hariyanto, Ariya Kurniawan

Komentar