IBL

Komunitas NBA terguncang oleh pernyataan James Harden di China, tentang Presiden Operasi Bola Bakset Philadelphia 76ers, Daryl Morey. Pernyataan kontroversial dari Harden tersebut menimbulkan reaksi keras dari beberapa orang. Termasuk Kendrick Perkins, sebagai salah satu legenda NBA. Perkins menyarankan agar Harden keluar dari liga saja. 

Para pemain di NBA mendapatkan tekanan berat untuk bisa bersaing di liga, tahun demi tahun. Mengingat keterampilan dan intensitas yang luar biasa di NBA, para pemain mungkin tersingkir dari liga bahkan sebelum mereka berhasil mencetak sejarah. Namun, mendekati tahun ke-15 di NBA, Harden tidak hanya meninggalkan jejak yang tak terhapuskan di NBA tetapi juga menjadi salah satu pemain paling berprestasi di generasi ini. 

Sebuah insiden tak terduga telah membuat kisah terbesar di akhir musim tahun ini menjadi lebih dramatis. Setelah Philadelphia 76ers menghentikan diskusi perdagangan seputar James Harden, "The Beard" yang tidak puas itu membalas dengan cara yang paling mengejutkan. Dia membuat pernyataan kontroversial saat lawatan ke China. Lebih lanjut, Harden juga mengungkapkan keinginannya untuk bermain di China, menunjukkan kecintaannya kepada para penggemarnya di negara tersebut. 

Namun, beberapa jam sebelumnya, seorang analis veteran, sekaligus legenda NBA Kendrick Perkins menganggap bahwa Harden sudah membuat lelucon yang berbahaya. Menurut Perkins, China menjadi tujuan bagi para pemain NBA yang sudah tidak bisa bersaing di level tertinggi. 

"James Harden memiliki semua faktor untuk jatuh dari karier tertinggi. Jika dia tidak hati-hati, dia mungkin bisa keluar dari liga setelah musim depan. Masalahnya, Harden tidak dapat dipercaya. NBA tidak membutuhkannya lagi. NBA lebih suka bintang-bintang lama, yang jauh dari kontroversi," kata Perkins. 

Foto: Mediaite

Sekarang yang menjadi pertanyaan, apakah James Harden bisa sukses di China, seperti yang diinginkan?

Pada dasarnya, James Harden bisa dibilang salah satu garda terhebat di NBA. Namun, tindakannya dalam beberapa tahun terakhir membuatnya dikenal, namun dalam konotasi negatif. Mulai dari permintaan perdagangan hingga penampilan yang mengecewakan di pertandingan, Harden telah menjadi berita karena semua alasan yang salah akhir-akhir ini. Sekarang, pernyataannya tentang bermain di China, dianggap seperti melempar bensin ke dalam kobaran api. 

Menurut Perkins, meski Harden masih punya kontrak dengan klub NBA. Dengan pernyataannya baru-baru ini, Harden bisa lebih cepat keluar dari NBA. Dan, mungkin dirinya akan menyusul beberapa pemain veteran yang sudah lebih dulu meninggalkan NBA tahun ini. 

Pemain tidak laku di NBA, bukan hanya tentang usia saja. Melainkan ada banyak faktor, termasuk sikap mereka di liga, dan berbagai hal kontroversial yang mereka buat. Contohnya seperti NBA All-Stars Kemba Walker, DeMarcus Cousins, serta Dwight Howard, adalah beberapa talenta terbaik liga yang pindah ke luar negeri untuk melanjutkan kariernya, karena tidak laku di NBA. 

Mungkin, mengingat keterampilan dan daya saing Harden, dia tidak akan keluar dari liga dalam waktu dekat. Namun, langkahnya yang tidak menentu di luar lapangan telah membuatnya menjadi entitas yang sangat kontroversial. Hal ini menimbulkan pertanyaan apakah mantan MVP tersebut mampu mempertahankan kariernya di NBA. (*)

Foto: Barrett Sports Media

Komentar