IBL

Piala Dunia FIBA 2023 berlangsung kurang sembilan hari lagi. Tapi timnas Filipina masih harap-harap cemas. Tak lain terkait kondisi Kai Sotto. Pemain Hiroshima Dragonflies itu belum mendapat persetujuan medis untuk tampil.

Dilansir melalui laman Spin Zone Philipina, Direktur Operasi dan Manajer Tim SBP Buth Antonio mengatakan sedang menunggu hasil MRI Sotto. “Kami hampir menyelesaikan kesepakatan kami tetapi tidak bisa mengambil keputusan sampai kami menerima salinan medis Kai,” ujar Antonio.

Antonio menjelaskan pihaknya memerlukan hasil rekam medis untuk memastikan Sotto dalam kondisi 100 persen. Tanpa dokumen tersebut, Sotto tidak bisa ikut serta di Piala Dunia FIBA 2023.

“Kami ingin menunjukkan kemampuan Kai kepada dunia. Tapi kami juga ingin dia dalam kondisi fit dan mampu memaksimalkan performa terbaiknya dan pengalaman yang ia miliki kepada Gilas Pilipinas,” lanjut Antonio.

Di sisi lain Presiden SBP Al Panlilio mengklaim bahwa pihaknya telah mendapat persetujuan dokter. Hal itu ia sampaikan dalam Philippine Sportswriters Association Forum di Meralco Gym, Pasig City pada Selasa (15/8). Mereka mengatakan Sotto sudah fit dan diperbolehkan bertanding membela timnas Filipina.

“Kami tidak melihat hasil MRI apapun. Yang kami kami inginkan adalah mengambil keputusan dan hanya fokus pada permainan. Dokter Kai, dokter kami, dokter Randy Molo bertemu dan mereka mengizinkannya (bermain),” kata Panlilio dilansir melalui Sports Inquirer.

Baca juga: Jordan Clarkson Kembali ke Filipina, Chot Reyes Semakin Optimis

Sotto menjadi salah satu pemain yang masuk daftar sementara timnas Filipina yang dirilis pada Juni lalu. Beberapa terkenal juga termasuk antara lain Jordan Clarkson, Justin Brownlee, Dwight Ramos, Kiefer, hingga Thirdy Ravena.

Sotto sempat  menunjukkan potensinya setelah mendapat undangan Orlando Magic di NBA Summer League pada Juli lalu. Sayangnya, ia mengalami cedera punggung di akhir turnamen. Cedera itu memang mengganggunya untuk menjadi pemain lokal Filipina pertama di NBA.

Filipina akan menjalani tiga laga uji coba pekan ini. Mereka melawan Pantai Gading, Montenegro, dan Meksiko. Dalam Piala Dunia FIBA 2023, Filipina masuk grup A bersama Republik Dominika, Italia, dan Angola. (rag)

Foto: FIBA

Komentar