IBL

Jordan Clarkson akan tampil dalam Piala Dunia FIBA 2023. Pemain Utah Jazz itu telah tiba Manila pada Selasa (8/8). Ia menjalani latihan perdana dengan timnas Filipina pada Rabu (9/8) di Philsports Arena, Pasig City. Latihan tersebut berlangsung tertutup.

“Sangat luar biasa bisa berada di sini. Saya sangat bersemangat untuk bergabung dengan tim lagi,” kata Clarkson dilansir melalui laman FIBA. Soal peluang timnya pada ajang ini, Clarkson optimis. “Saya pikir kami memiliki kesempatan untuk melakukan beberapa hal.”

Kehadiran Clarkson membuat pelatih Vincent “Chot” Reyes lebih tenang. Dalam wawancara dengan ONE Sports, Chot mengatakan Clarkson tidak akan menemukan masalah untuk beradaptasi dengan tim. Chot berharap Clarkson bisa memberikan yang terbaik dalam pertandingan nanti.

“Saya selalu percaya pemain NBA adalah pemain yang sangat bagus. Mereka bermain di sana karena ada suatu alasan. Salah satunya adalah kemampuan mereka untuk terus menjadi lebih baik dan berkembang,” ujarnya.

Lebih lanjut Chot optimis kali ini Clarkson bisa membawa dampak yang besar. Ia menilai pemain berdarah Filipina-Amerika Serikat itu sudah jauh lebih berkembang dari penampilan terakhirnya setahun yang lalu.

“Saya yakin Jordan Clarkson yang sekarang tidak sama dengan yang bertanding sebelumnya. Kami mendapatkan Jordan Clarkson yang lebih baik dan lebih banyak berlatih bersama kami,” ujar Chot.

Filipina akan menjalani tiga pertandingan uji coba. Tim berjuluk Gilas itu akan melawan Montenegro pada 20 Agustus, Meksiko pada 21 Agustus, dan Pantai Gading yang direncanakan pada 16 Agustus.

Clarkson tercatat dua kali membela Filipina di ajang resmi. Ia tampil pada Asian Qualifiers pada Agustus 2022 lalu. Clarkson tampil dua pertandingan. Ia turut membawa Filipina menempati urutan ketiga di ronde kedua kualifikasi.

Sayang, debutnya dengan timnas tidak berlangsung mulus. Pada 25 Agustus 2022 itu Filipina kalah 81-85 dari Lebanon. Dalam gim tersebut Clarkson mencetak 27 poin, 6 rebound, dan 7 asis. Kemudian Filipina membantai Arab Saudi 84-46 pada 29 Agustus 2022. Clarkson mencatat 26 poin, 5 rebound, dan 6 asis dalam 28 menit.

Dalam Piala Dunia FIBA 2023, Filipina masuk grup A. Mereka bersaing dengan Angola, Republik Dominika, dan Italia. Pada 25 Agustus nanti Filipina menjalani gim pembuka dengan Republik Dominika. (rag)

Foto: FIBA

Komentar