IBL

Sudan Selatan memperdalam luka FIlipina, Kamis (31/8). Kini bergabung di Grup M, Sudan Selatan berhasil mengalahkan tuan rumah dengan skor 87-68. 

Setelah masih imbang di dua menit pertama, Sudan Selatan langsung tancap gas meninggalkan Filipina. Mereka terus berada di posisi unggul, bahkan sempat membuka jarak 21 poin sebelum menang dengan selisih 19 poin. 

Carlik Jones kini jadi top skor Sudan Selatan dengan nyaris tripel-dobel 17 poin, 9 rebound, dan 14 asis. Majok Deng dan Nuni Omot masing-masing mencetak 13 poin. Marial Shayok 12 poin, sedangkan Wenyen Gabriel dobel-dobel 11 poin plus 12 rebound. 

"Saya ingin FIBA memastikan lagi apakah tidak ada rebound yang tertinggal untuk Carlik melengkapi tripel-dobelnya hari ini," kelakar Royal Ivey, kepala pelatih Sudan Selatan. "Carlik adalah point guard kami, pemimpin kami, dan ia melakukannya dengan baik. Ia memimpin kami menuju kemenangan hari ini. Saya juga ingin mengapresiasi seluruh pemain atas kemenangan hari ini. Semuanya bekerja sangat keras," imbuhnya. 

Filipina tetap sama. Mayoritas poin mereka datang dari duet garda, Jordan Clarkson dan Dwight Ramos. Jordan mencetak 24 poin dan 4 rebound sementara Dwight dobel-dobel 20 poin plus 12 rebound. 

Keduanya melepaskan lebih dari separuh percobaan tembakan Filipina. Jordan menembak 23 kali sementara Dwight 18 kali. Total Filipina menembak 74 kali. Bantuan datang dari Ariel John Edu dengan dobel-dobel 12 poin plus 14 rebound. 

"Saya rasa tidak banyak yang bisa saya ungkapkan tentang gim ini. Kami bermain buruk," buka Chot Reyes, kepala pelatih Filipina, usai gim. "Kami memang masih bisa melawan di akhir laga. Akan tetapi, kami menghabiskan terlalu banyak tenaga untuk mengejar sehingga sulit untuk unggul," tutupnya. 

FIlipina menyisakan satu laga melawan Cina. Sejauh ini, FIlipina belum sekalipun meraih kemenangan. Sudan Selatan juga akan melakoni partai melawan tim satu wilayah dengan menghadapi Angola. 

 
Di babak ini, setiap tim akan menjalani dua laga berhadapan dengan tim dari seberang grup mereka. Nantinya, tim yang finis pertama di grup ini akan mengisi peringkat 17-20. 
Peringkat dua akan mengisi posisi 21-24, peringkat tiga di posisi 25-28, lalu peringkat empat sebagai posisi 29-32. Pembeda peringkat adalah catatan menang-kalah dan selisih poin. (DRMK)

Foto: FIBA

Komentar