IBL

Tim nasional (timnas) Filipina tampak sangat serius menyambut FIBA World Cup 2023 Asian Qualifier Window 4. Setelah rangkaian kegagalan di SEA Games 2021 dan FIBA Asia Cup bulan lalu, Filipina siap turun dengan skuad lebih berpengalaman di Qualifier ini. 

Dilansir oleh lama resmi FIBA, The Samahang Basketbol ng Pilipinas (SBP) atau federasi basket Filipina sudah mengonfirmasi dua nama utama yang akan masuk dalam skuad. Adalah Kai Sotto dan Jordan Clarkson yang siap berlaga di gim lawan Lebanon 25 Agustus yang digelar di Beirut, Lebanon dan laga lawan Arab Saudi, 29 Agustus di Filipina. 

Untuk Kai Sotto, jika ia benar akan berlaga, maka ini akan jadi laga pertamanya dengan Filipina sejak keikutsertaannya pada NBA Draft 2022 lalu. Pun dengan Clarkson, ini akan jadi pertandingan FIBA perdananya bersama Filipina.  

Aksi debut Clarkson dengan Filipina terjadi empat tahun lalu. Ia memutuskan bergabung dengan Filipina untuk berlaga di Asian Games 2018. Itu jadi gelaran perdana sekaligus satu-satunya Clarkson sejauh ini berseragam Filipina. 

"Ia sangat semangat untuk membela Filipina di Qualifier kali ini," buka Sonny Barrios, Direktur Eksekutif sekaligus juru bicara SBP. "Itu adalah hal yang kami suka dari Clarkson. Ia pemain NBA, tapi ia sangat semangat untuk bermain bagi Filipina. Kami harap, apa yang ditunjukkan Clarkson bisa menjadi pelecut semangat pemain lokal untuk membela Filipina," pungkasnya. 

Selain Clarkson dan Sotto, Barrios juga mengumumkan beberapa nama yang sudah siap untuk masuk dalam daftar pemain bagi Qualifier nanti. Kiefer Ravena, Thirdy Ravena, Bobby Ray Parks, Francis Lopez, Carl Tamayo, Kevin Quiambao, dan Dwight Ramos adalah nama-nama tersebut. (DRMK)

Foto: Hariyanto 

 

Komentar