IBL

Lebanon kembali atasi Filipina. Kali ini di FIBA World Cup 2023 Asian Qualifier Window 4, Lebanon menang dengan skor 85-81, Jumat dini hari, (26/8). Sesuai dengan skor akhir, gim berjalan sengit sampai di 16 detik terakhir pertandingan. 

Sebelumnya, di gelaran FIBA Asia Cup 2021 di Jakarta bulan lalu, Lebanon juga menang atas Filipina. Kala itu, Lebanon menang dengan skor meyakinkan 95-80. 

Di sisa 16 detik gim hari ini, bintang Lebanon sekaligus MVP FIBA Asia Cup lalu, Wael Arakji, menunjukkan kapasitasnya. Sebuah tripoin di sisa 16 detik gim dari sisi kanan pertahanan Filipina bisa dibilang mengunci kemenangan Lebanon. Menariknya, itu "hanyalah" tripoin kedua yang masuk Arakji hari ini daru enam percobaan. 

Selama 35 menit di lapangan, Arakji menutup laga dengan catatan 24 poin, 3 rebound, dan 2 asis. Lima dari keseluruhan poin Arakji adalah lima poin terakhir Lebanon di gim ini. Arakji pun tetap terkontrol dengan dua turnover sepanjang gim. 

Amir Saud membantu Arakji dengan 17 poin plus 4 rebound. Saud seolah mengambil peran Sergio El Darwich sebagai pencetak angka kedua Lebanon. Sergio absen karena cedera. Ali Haidar melengkapi daftar dengan nyaris dobel-dobel melalui 10 poin dan 9 rebound.

Dari Filipina, pemain Utah Jazz, Jordan Clarkson, jadi top skor gim dengan 27 poin, 6 rebound, dan 7 asis. Sayangnya, Clarkson yang tampil 37 menit justru hanya memasukkan tiga dari lima kesempatan tembakan gratis yang ia dapatkan di satu menit terakhir. Kegagalan ini menyulitkan Filipina mengejar ketinggalan di akhir laga. 

Dwight Ramos memberikan bantuan besar dengan dobel-dobel 18 poin, 10 rebound, dan 6 steal. Japeth Aguilar 11 poin dan 6 rebound, sedangkan Kai Sotto 10 poin plus 8 rebound. Kedua tim tergabung di Grup E bersama Selandia Baru, Yordania, Arab Saudi, dan India. 

Lebanon akan bertandang ke India di gim selanjutnya. Filipina sendiri akan terbang ke Manila untuk menjamu Arab Saudi. Kedua gim itu akan digelar tulat. (DRMK)

Foto: FIBA

Komentar