IBL

Lebanon mengawali langkah di fase grup dengan meyakinkan. Mereka membuat Filipina tak berdaya. Pada pertandingan Rabu, 13 Juli itu, Lebanon menaklukkan Filipina 90-85. Hasil tersebut membawa Lebanon berada di peringkat kedua grup D di bawah Selandia Baru.

Persaingan panas terjadi di babak pertama. Kedua tim saling mengambil alih kedudukan sebanyak delapan kali dan tidak berada dalam fase yang nyaman. Lebanon mendapatkan momentumnya pada pertengahan kuarter kedua.

Mereka berhasil membangun keunggulan 10 poin. Dalam fase tersebut kekuatan Filipina juga sempat berkurang setelah Thirdy Ravena mendapat perawatan medis. Dia mengalami benturan setelah melakukan defensive rebound saat waktu tersisa 1:15.

Pada paruh kedua Lebanon sempat berjaya dengan memperlebar margin hingga 22 poin. Tetapi pada kuarter terakhir Wael Arakji dkk sempat kehilangan fokus hingga Filipina memangkas margin hingga delapan poin. Lebanon tetap finis dengan nyaman meski hanya bisa mencetak 16 poin di kuarter terakhir.

“Gim pertama selalu penting. Kami agak sedikit goyah pada awal pertandingan. Tapi kami berhasil menyelesaikan pertandingan dengan posisi yang kuat. Harusnya kami bisa lebih baik dalam menjaga keunggulan dan lebih fokus,” kata Arakji.

Arakji tampil selama 32 menit dan memimpin Lebanon dengan 20 poin. Dia sempurna dalam mengeksekusi enam tembakan gratis dan mencetak empat asis. Jonathan Arledge menambah 19 poin dan enam rebound

Hayk Gyokchyan nyaris dobel-dobel dengan 19 poin dan delapan rebound. Dia hanya meleset satu dari lima tripoin dan enam rebound. Sergio El Darwich menyumbang 10 poin.

Dari bangku cadangan Samjosef Belangel mencetak 17 poin untuk Filipina. Carl Vincent Tamayo 15 poin dan enam rebound. Bobby Ray Parks 15 poin dan Thirdy Ravena 10 poin.

“Kami tidak beruntung. Kami mencoba mengejar setelah tertinggal lebih dari 20 poin dan itu adalah usaha yang bagus. Tetapi ini selisih yang cukup banyak untuk kami atasi. Disisi lain ini pengalaman yang bagus terutama untuk pemain muda di tim ini,” kata pelatih Filipina Vincent Reyes.

Selanjutnya Filipina akan berhadapan dengan India pada lusa pukul 15.00 WIB dan Lebanon akan melawan Selandia Baru pada pukul 20.00 WIB. (rag)

Foto: FIBA

Komentar