IBL

Tidak semua pertandingan NBA menarik, itulah faktanya. Namun ada laga-laga NBA yang memang punya jumlah penonton lebih banyak dari biasanya. Dalam delapan tahun terakhir, ada 27 pertandingan NBA yang paling banyak disaksikan oleh penonton. Faktornya karena ada Stephen Curry. 

Garda Golden State Warriors ini selalu ada dalam 27 pertandingan yang paling banyak ditonton dalam delapan tahun terakhir. Dengan 53 juta pengikut di Instagram, Curry adalah salah satu pemain bola basket paling dicintai saat ini. Sebuah laporan yang diterbitkan oleh Sports Business Journal menyatakan bahwa Curry adalah pemain yang paling banyak ditonton di semua platform media sosial NBA tahun lalu. 

Foto: The Mercury News

Curry dilaporkan telah mengumpulkan lebih dari 100 juta penayangan daripada atlet terdekat kedua yang ditempatkan dalam daftar tersebut, yaitu bintang Memphis Grizzlies Ja Morant. Pada bulan Mei 2023, NBA menyatakan bahwa Gim7 antara Golden State Warriors dan Sacramento Kings, di ABC memiliki rata-rata 9,8 juta penonton. Data ini menjadikannya gim playoff putaran pertama yang paling banyak ditonton dalam 24 tahun terakhir.

"Laga tersebut, mencapai puncaknya dengan 11,9 juta penonton, adalah penonton terbesar ABC untuk game postseason non-NBA Finals yang pernah ada. Secara keseluruhan, NBA menghadirkan putaran pertama yang paling banyak ditonton dalam sembilan tahun dengan pertandingan di ABC, ESPN, TNT, dan NBA TV dengan rata-rata 3,4 juta pemirsa, naik 15 persen dibandingkan tahun lalu. TNT, ABC, dan ESPN adalah jaringan yang paling banyak ditonton pada jam tayang utama di antara pemirsa di bawah 50 tahun," bunyi pernyataan yang dibagikan oleh NBA.

Dalam data tersebut jua terdapat pertandingan di mana LeBron James menyalip Kareem Abdul-Jabbar sebagai pencetak poin terbanyak NBA. Pertandingan tersebut menempati peringkat kesembilan sebagai pertandingan yang paling banyak ditonton musim ini. Bintang Los Angeles Lakers itu telah mencapai prestasi bersejarah melawan Oklahoma City Thunder pada 7 Februari 2023. Pertandingan antara Lakers dan Thunder ditonton oleh 3,7 juta penonton.

Curry mendominasi tahun 2022 dengan memenangkan gelar juara NBA keempat dan MVP Final pertamanya. Curry dan Warriors tidak bisa mencapai prestasi yang sama pada pada tahun 2023 dan menyerah di Semifinal Wilayah Barat di tangan Los Angeles Lakers. 

Curry menjadi berita karena prestasinya di olahraga lain, jauh dari lapangan basket. Petenis berusia 35 tahun itu mendapatkan skor 152 yard par tiga di American Century Championship untuk memenangkan turnamen selebriti. Dia menjadi pebasket kedua yang menaklukkan kompetisi sejak dimulai pada tahun 1990. (*)

Foto: Indianapolis Recorder

Komentar