IBL

Memphis Grizzlies tidak akan diperkuat oleh Ja Morant dalam 25 gim pertama musim mendatang. Jaren Jackson Jr. mengatakan Grizzlies harus menemukan cara untuk mengatasi hal itu. Ia mengakui bahwa peran Morant sangat penting untuk tim.

“Jelas kami mengetahui tanpa Ja kami memiliki lubang besar untuk diisi. Bukan berarti dia tidak akan ada. Dia akan memberi kami semua apa yang ia miliki untuk tim,” kata Jackson di sela-sela pemusatan latihan timnas Amerika Serikat di Las Vegas beberapa waktu yang lalu.

Pada Juni lalu NBA memberi Morant larangan bertanding 25 gim tanpa bayaran. Ini buntut dari perilakunya yang dinilai merugikan liga. Morant berpose dengan senjata api di dalam mobil dan disiarkan langsung melalui akun media sosialnya pada Mei lalu.

Sebelum musim baru dimulai, NBA juga menangguhkan status Morant. Pemain bernama lengkap Temetrius Jamel Morant itu tidak diizinkan berpartisipasi dalam aktivitas publik liga atau tim. Termasuk pertandingan pramusim pada Oktober mendatang. Musim baru akan dimulai pada 24 Oktober 2023.

Ini bukan hal yang pertama. Dua bulan sebelumnya Morant juga melakukan hal yang sama di sebuah klub malam di kota Denver. Ia dijatuhi skor delapan pertandingan dan wajib mengikuti sesi konseling.

Kasus Morant hanya beberapa di antara hal penting yang terjadi kepada Grizzlies selama musim panas ini. Mereka melepas Dillons Brooks. Tyus Jones dikirim ke Washington Wizards. Bulan lalu Grizzlies memperpanjang kontrak Desmond Bane 5 tahun dengan nilai AS$207 juta.

Grizzlies juga melakukan pergerakan dengan mendatangkan Marcus Smart dari Boston Celtics. Adanya Smart diharapkan bisa membantu Grizzlies tanpa Morant di awal musim. Sebagai Defensive Player 2021-22, Smart juga akan menopang pertahanan Grizzlies yang ditinggalkan oleh Brooks.

“Sangat menyenangkan memiliki seseorang yang bisa bermain di kedua posisi itu dan berada dalam persaingan juara. Kami tahu apa yang ia (Smart) bawa ke tim dengan semangat, ketulusan, dan dia banyak tahu tentang permainan. Jadi, ini tambahan yang bagus,” imbuh Jackson. (rag)

Foto: NBA

Komentar