IBL

Persiapan semua tim nasional peserta Piala Dunia FIBA 2023 sudah memasuki tahap akhir. Mengingat waktunya hanya kurang dari tiga minggu sebelum tip-off kejuaraan ini dimulai. Untuk menambah motivasi pemain, timnas Amerika Serikat mendapat kunjungan dari dua pemain senior, yaitu Chris Paul dan Kyle Lowry. 

Piala Dunia Bola Basket FIBA ​​​​2023 dimulai pada 25 Agustus, dan timnas Amerika Serikat (USABMNT) adalah salah satu favorit untuk memenangkan turnamen tersebut. Meski tidak memiliki nama besar di roster, seharusnya pemain yang mereka bawa ke ajang tersebut sudah cukup. Tim yang dipimpin oleh kepala pelatih Steve Kerr tersebut akan memulai babak penyisihan grup di Grup C bersama Yordania, Yunani, dan Selandia Baru. Mereka difavoritkan untuk melaju ke Babak Kedua, di mana mereka akan menjadi bagian dari grup tangguh lainnya. Jika bisa melaju ke Babak Final, maka mereka akan menjadi salah satu favorit untuk meraih medali emas.

Pada hari terakhir latihan di Las Vegas, timnas Amerika Serikat mendapat kunjungan dari beberapa bintang NBA. Mereka adalah Chris Paul dan Kyle Lowry. Tidak hanya itu, ada pula Tayshaun Prince dan Swin Cash, yang hadir untuk memberikan motivasi kepada para pemain timnas Amerika Serikat. 

Chris Paul pernah meraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 dan London 2012. Sedangkan Kyle Lowry merupakan bagian timnas Amerika Serikat ketika meraih medali emas Olimpiade Rio 2016. Tayshaun Prince sama seperti CP3, yang punya medali emas Beijing 2008. Sementara Swin Cash adalah pemain veteran di WNBA dan juara Olimpiade bersama timnas putri Amerika Serikat tahun 2004 di Athena dan tahun 2012 di London. 

Motivasi dari pemain senior sangat dibutuhkan oleh timnas Amerika Serikat. Mengingat target berat yang diusung pada turnamen tahun ini. Pasalnya, timnas Amerika Serikat belum pernah memenangkan turnamen besar atau medali emas sejak tahun 2021, ketika mereka memenangkan Olimpiade Musim Panas di Tokyo. Pada tahun 2022, mereka menempati posisi ketiga di FIBA ​​​​AmeriCup. Selain itu, pada Piala Dunia FIBA di China tahun 2019, timnas Amerika Serikat hanya finis di urutan ketujuh. 

Para pemain senior tampak terlibat percakapan intens dengan Jalen Brunson dan kawan-kawan. Mereka tampak dengan senang hari menerima saran dari seniornya. Karena butuh banyak saran yang harus didengar. Mengingat timnas Amerika Serikat terakhir memenangkan Piala Dunia FIBA di tahun 2014. Saingan mereka di turnamen ini cukup berat, termasuk Australia, Prancis, Spanyol, dan Slovenia. Tim-tim tersebut tidak bisa dipandang sebelah mata. (*)

Foto: Twitter @nba

Komentar