IBL

Medali emas Olimpiade 2020 Tokyo, pada bulan Agustus 2021 lalu, menjadi prestasi terakhir bagi Gregg Popovich, sebagai kepala pelatih timnas basket putra Amerika Serikat (USA). Gregg sudah memimpin selama lima tahun terakhir. Kemungkinan besar, jabatan tersebut akan diambil alih oleh asistennya.

Grant Hill, mantan pemain NBA yang kini menjabat sebagai manajer timnas USA berpendapat bahwa Gregg Popovich sudah melakukan tugasnya dengan baik. Terutama dalam mengembalikan reputasi timnas USA di kancah dunia. Meski dalam perjalanannya juga tidak mulus. Dia pernah gagal di FIBA World Cup 2019.

Misi pertama mantan pemain Orlando Magic tersebut adalah mencari pelatih baru untuk timnas USA. Federasi bola basket Amerika Serikat (USAB) menyarankan agar pelatih segera ditunjuk sebelum musim reguler NBA 2021-2022 bergulir.

"Saya juga berharap demikian. Sebelum 19 Oktober, saat NBA dimulai, kami sudah mengumumkan pelatihnya. Kriteria yang diberikan USAB juga spesifik. Mereka meminta orang-orang yang sudah berpengalaman di timnas," kata Hill, dikutip dari The Undefeated.

Dengan pernyataan tersebut, maka kemungkinan bursa pelatih timnas USA berikutnya mengerucut pada dua nama, yaitu Steve Kerr dan Lloyd Pierce. Keduanya sudah mendampingi Gregg Popovich selama masa jabatannya di timnas USA. Kemampuan mereka berdua juga sudah terbukti, terutama Steve Kerr yang sampai sekarang masih menakhodai Golden State Warriors.

Namun ini semua masih bergantung pada kesediaan mereka berdua. Kalau mereka menolak, Hill bakal mempertimbangkan satu nama lagi. Dia adalah Jay Wright, yang sehari-hari bertugas sebagai pelatih Villanova College. Kemungkinan dalam beberapa pekan ke depan, nama pelatih timnas USA bakal diumumkan. (tor)

Foto: United News Post

Komentar