IBL

Uni Emirat Arab (UEA) membungkus kemenangan 63-61 atas Suriah dalam Indonesia International Basketball Invitational (IIBI) pada Rabu (2/8) di Indonesia Arena, Jakarta. Pertandingan berjalan ketat dan UEA memastikan kemenangan pada detik-detik akhir.

Suriah mendominasi di babak kedua. Tim asuhan Javier Crespo itu memimpin hingga 8 poin (15-7). Namun, dominasi itu runtuh di paruh kedua. UEA menyerang balik dan pertandingan sengit di kuarter ketiga. Buzzer beater Salem Safar menyamakan kedudukan 49-49.

Pada kuarter terakhir UEA lebih solid. Mereka bisa menjaga momentum dan menghentikan perlawanan Suriah. Brandon Peterson mencoba peruntungan dengan tripoin di tiga detik akhir tapi meleset.

“Sebenarnya kami tidak mempersiapkan apapun dalam situasi ini. Tapi ini pertandingan yang bagus sebagai persiapan kualifikasi Olimpiade. Saya berharap gim berikutnya kami bisa lebih baik,” ujar Crespo.

Brandon Peterson memimpin Suriah dengan dobel-dobel 17 poin dan 14 rebound serta 2 blok dan 2 steal. Omar Ali menjadi pemain lain yang meraih dobel digit. Ia membukukan 10 poin dan 4 rebound.

Secara peringkat Suriah memang lebih baik dari UEA. Nadim Issa dkk menempati ranking ke-72 dunia. Sedangkan UEA berada 13 tingkat di bawahnya.

Dalam pertandingan ini Qais Alshabebi memimpin dengan 17 poin dan 9 rebound. Ia memasukkan 6/15 tembakan dalam 33 menit. Hamid Albreiki menyumbang 13 poin dan 5 rebound. Disusul Rashed Alzaabi dengan 12 poin, 7 rebound, dan 2 steal.

“Pertandingan yang bagus untuk para pemain meski kami masih harus menghadapi jetlag. Saya senang dengan proses dalam meraih kemenangan ini. Pemain menunjukkan perlawanan. Tentu saja ada kesalahan. Jika kami lebih siap tentu saja kami bisa lebih berbahaya,” kata Mounir Slimane, pelatih UEA.

Setelah terjadi perubahan jadwal, pertandingan kedua IIBI akan berlangsung pada lusa. Suriah akan melawan Indonesia Patriots pada pukul 16.45 WIB. Dilanjutkan dengan timnas Indonesia menghadapi UEA pada pukul 20.30 WIB. (rag)

Foto: Ariya Kurniawan

Komentar