IBL

Suriah memetik kemenangan pertama dalam Indonesia International Basketball Invitational (IIBI). Mereka menggulung Indonesia Patriots 84-43 pada Jumat (4/7) di Indonesia Arena, Jakarta. Hasil ini juga menjadi kekalahan kedua beruntun Patriots dalam test event menuju FIBA World Cup 2023 tersebut.

Level permainan dan pengalaman menjadi pembeda dalam gim ini. Suriah berisi para pemain utama yang tampil di berbagai ajang internasional. Sedangkan Patriots mayoritas berisi pemain muda dan lapis kedua timnas Indonesia.

Suriah pun unggul telak sejak tepis mula. Tim asuhan Javier Crespo itu memimpin dengan jarak tertinggi 44 poin (82-38) pada di ujung pertandingan. Sementara Patriots tidak bisa mencetak lebih dari 14 poin dalam setiap kuarter.

“Saya sangat senang dengan para pemain. Kemenangan bukan soal skor. Kami bermain lebih baik dari gim sebelumnya. Dari segi pertahanan lebih agresif. Dari segi serangan juga lebih banyak membuat kesempatan,” kata pelatih Suriah Javier Crespo dalam jumpa pers usai pertandingan.

Sebanyak tiga pemain Suriah mencetak dua digit poin. Brandon Peterson memimpin Suriah dengan 20 poin dan 7 rebound. Ia memasukkan 9/13 tembakan selama 23 menit bermain. Omar Idelbi menyumbang dengan 18 poin, 4 rebound, dan 3 steal. Dari bangku cadangan Hani Adribe memberikan 15 poin dan 7 rebound.

Dari kubu Patriots sendiri ada Dame Diagne sebagai pencetak poin terbanyak. Dame tampil selama 26 menit. Ia mencetak 15 poin, 8 rebound, dan 2 blok. Dame hanya meleset satu dari 5 tembakan gratis. Antoni Erga memberikan 13 poin, 6 rebound, 3 asis, dan 2 steal.

“Kami mendapat kesempatan untuk refleksi. Pengalaman pertama di pertandingan internasional. Bagaimana caranya bisa bersaing. Bukan sadar diri. Tetapi apa yang bisa kami lakukan agar satu level dengan Asia Timur, Asia Barat. Belum lagi Eropa. Pengalaman yang baik buat kami semua,” kata Youbel Sondakh, pelatih Patriots.

Suriah menyisakan satu pertandingan lagi. Besok mereka akan melawan Uni Emirat Arab pada pukul 20.30 WIB. Sedangkan Suriah melawan Timnas Indonesia pada pukul 16.45 WIB. (rag)

Foto: Ariya Kurniawan

Komentar