IBL

Marcus Smart terlihat garang di lapangan. Namun sejatinya, dia punya hati yang lembut. Sebab, Smart mengungkapkan kejujuran, bahwa dia sempat menangis ketika tahu Boston Celtics mengirimnya ke Memphis Grizzlies. Dia akan pindah dari tim yang sudah dibelanya sejak tahun 2014, atau tim pertamanya sejak meniti karier sebagai pemain NBA. Padahal Smart ingin berada di Celtics sepanjang kariernya. 

Smart muncul dalam sebuah wawancara dengan Chris Vernon dari Grind City Media. Pemain yang sudah sembilan musim di Celtics tersebut sudah sangat dekat dengan semua pemain, staf, hingga penggemar. Hal yang paling menyedihkan adalah dirinya meninggalkan orang-orang yang selama ini berjuang bersama. 

"Saya menangis karena saya memiliki hubungan yang sangat dekat dengan mereka. Saya tumbuh bersama Jaylen (Brown) dan Jayson (Tatum), bahkan Al (Horford). Orang-orang ini ada ketika ibuku meninggal. Mereka melewati masa-masa sulit bersamaku. Jadi itu sulit. Dan saya telah berada di sana (di Boston) sepanjang hidup saya," jelasnya. 

Dalam kesepakatan penting yang dicapai pada akhir Juni 2023, Celtics menyerahkan Marcus Smart, Danilo Galinari, Mike Muscala, dan pick putaran kedua 2023 ke Washington Wizards untuk mendapatkan Kristaps Porzingis. Sementara Memphis Grizzlies mengirim Tyus Jones dan dua pick putaran pertama (2023 dan 2024). 

Pada akhirnya, Grizzlies dianggap rugi karena menyerahkan draft pick. Tetapi tidak harus berpisah dengan pemain inti. Dan, sebagai gantinya, mereka menerima seorang pemain untuk menaikkan level tim, yaitu Marcus Smart. Sementara itu, Wizards dan Celtics telah mengucapkan selamat tinggal pada nama-nama yang menjadi bintang utama di tim. Celtics kehilangan Marcus Smart, dan Wizards ditinggalkan Kristaps Porzingis.

Kembali ke Marcus Smart, dia juga menekankan bahwa ada tantangan baru yang akan dihadapi. Bagi sang veteran, ini akan menjadi kesempatan untuk berperan sebagai salah satu pemimpin skuat muda, sekaligus membuka ruang bagi tim lamanya untuk menempuh jalan berbeda. "Saya melakukan semua yang saya bisa dengan tim itu (Celtics). Jaylen dan Jayson adalah pemain hebat, dan sekarang saatnya mereka berkembang," jelasnya. 

Kedatangan Marcus Smart adalah salah satu langkah bagus untuk Memphis Grizzlies di jeda musim ini. Selain mengontrak bintang Celtics, tim mendatangkan pemain veteran Derrick Rose. Sementara itu, Ja Morant diskors untuk 25 pertandingan pertama musim 2023-2024, karena kasus pamer senjata api di media sosial. Kehadiran Smart akan membantu mereka untuk tetap stabil. (*)

Foto: The Toronto Star

Komentar