IBL

Derrick Rose bernostalgia. Setelah bergabung dengan Memphis Grizzlies, ia kembali menggunakan nomor punggung 23. Itu adalah nomor yang ia kenakan semasa membela Memphis Tigers.

Alaina, istri Rose, membagikan foto jersey Rose di Memphis dengan nomor 23. Termasuk ketika Rose berlaga dengan nomor yang sama saat membela Tigers di NCAA. Ini menandai kembalinya All-Star tiga kali itu mengenakan nomor 23 setelah memimpin Tigers di kejuaraan nasional.

Rose tercatat membela tim dari University of Memphis tersebut pada 2007-2008. Setelah itu, ia mengikuti NBA Draft 2008. Rose terpilih sebagai urutan pertama oleh Chicago Bulls. Dalam musim pertamanya itu, Rose menggunakan nomor punggung 1.

Sebenarnya saat SMA, Rose menggunakan nomor 25. Tetapi memilih nomor 23 saat di Tigers. Sebab, nomor 25 di Tigers milik Penny Hardaway sudah dipensiunkan. Rose kembali mendapatkan nomor 25 dan 4 saat berseragam Knicks pada 2017.

Rookie of the Year 2009 itu memang hanya mengikuti satu musim di NCAA. Tapi itu sudah cukup untuk membuatnya menjadi pilihan pertama draft. Rose membawa Tigers mencatat rekor 38-2. Sayangnya, mereka kalah dari Kansas 75-68 dalam perebutan gelar. Rose saat itu memiliki rata-rata 14,9 poin, 4,7 asis, dan 4,5 rebound, dalam 40 gim.

Pemain berusia 34 tahun itu bergabung dengan Memphis dengan status agen bebas. Hal itu terjadi setelah setelah Knicks menolak opsi pemain untuk 2023-24. Berjuang dengan rentetan cedera membuat penampilannya terbatas. Dalam dua musim terakhir, Rose bermain kurang dari 30 pertandingan.

Setelah 15 tahun berkarier di lima tim NBA, akhirnya Rose memutuskan kembali ke kota Memphis. Ia memiliki kontrak dua tahun senilai AS$6,5 juta. Sebelumnya Rose memperkuat New York Knicks untuk kedua kalinya pada 2021-2023.

Dengan menggunakan kembali nomor punggung 23, mungkin bisa menjadi penyemangat Rose untuk menemukan lagi performa terbaiknya. Sama saat ia mengawali karier di Memphis. (rag)

Foto: NCAA

Komentar