IBL

Russell Westbrook tidak perlu merantau lagi. Ia telah menemukan tempat yang cocok di Los Angeles, kampung halamannya sendiri. Bukan Lakers. Dengan status agen bebas, Westbrook setuju untuk kembali ke Los Angeles Clippers.

Jeff Schwartz dari Excel Basketball, agen Westbrook, mengatakan kepada ESPN bahwa kliennya setuju dengan kontrak baru selama dua tahun dengan nilai ASS7,8 juta atau Rp117 miliar. Termasuk opsi pemain pada musim 2023-24.

Westbrook ditukar dari Lakers ke Clippers melalui Utah Jazz pada Februari lalu. Ia sempat mengalami masa-masa sulit di Lakers (2021-2023). Diharapkan menjadi big three bersama LeBron James dan Anthony Davis, justru capaian Lakers jeblok.

Sebaliknya peran Westbrook di Clippers lebih jelas dan efisien. Akurasi Westbrook di Clippers mencapai 49 persen dibanding saat di Lakers 41 persen. Saat bersama Clippers selama setengah musim itu, Westbrook rata-rata mencetak 15,8 poin, 4,9 rebound, dan 7,6 asis dengan waktu bermain 30,2 menit.

Clippers menyukai hal tersebut. Apalagi Westbrook berjasa saat tim dihantam badai cedera dan membuat Paul George dan Kawhi Leonard harus menepi. Tanpa Gorge dan Leonard, Westbrook membawa Clippers mencuri satu kemenangan dari Phoenix Suns (1-4) di ronde pertama playoff. Clippers mengakhiri musim reguler 44-38 termasuk 11-10 dengan Westbrook.

George sendiri merupakan rekan Westbrook saat mereka di Oklahoma City Thunder. Westbrook mencapai puncak kariernya di sana dan terpilih sebagai Most Valuable Player (MVP) 2016-17. George pula lah yang bersemangat mendorong Clippers untuk mengontrak Westbrook saat rekannya itu menjadi agen bebas.

Clippers akan mengandalkan trio George, Leonard, dan Westbrook sekali lagi musim depan. Mungkin Clippers juga akan memperdalam roster pada jendela transfer musim panas ini. Clippers dikabarkan tertarik untuk mendapatkan James Harden dari Sixers dan Damian Lillard, yang sudah mengajukan permintaan pertukaran dengan Blazers.

Selain mempertahankan skuad musim lalu, Clippers juga menambah rosters dengan pemain yang lebih muda dan energik. Mereka menukar sepasang draft pick putaran kedua untuk mendapatkan K.J. Marthin dari Houston Rockets. (rag)

Foto: Bleacher Report

Komentar