IBL

Bursa pemain "free agent" NBA akan dibuka pada 1 Juli 2023, waktu Amerika Serikat. Beberapa tim sudah bersiap mencari pemain di bursa ini, termasuk Los Angeles Lakers. Pilihan Lakers hanya pemain "free agent" mengingat harganya lebih murah dibandingkan mencari pemain dengan skema lain, seperti pertukaran pemain. Kali ini dua tim yang kabarnya jadi incaran Lakers adalah Yuta Watanabe dan Cam Reddish. 

Keuangan Lakers menipis, setelah mereka menawarkan perpanjangan kontrak kepada Austin Reaves dan Rui Hachimura. Lakers harus melepas opsi tim milik Malik Beasley, serta memotong kontrak tanpa jaminan milik Mo Bamba untuk melonggarkan ruang gaji. Tetapi mereka masih bingung untuk memutuskan nasib D'Angelo Russell, karena pemain tersebut sangat penting dalam tim Lakers di akhir musim 2022-2023. Bahkan di babak playoffs. 

Akhirnya, tidak ada pilihan lain bagi Lakers untuk menambah daftar pemain dalam roster, selain masuk pasar bursa "free agent". Menurut reporter Jovan Buha dari The Athletic, Lakers tengah mengincar Yuta Watanabe dan Cam Reddish. Keduanya masuk akal secara gaji, dan juga posisi bermain yang diinginkan Lakers.

Bermain untuk Brooklyn Nets musim lalu, Yuta Watanabe yang tingginya sekitar 2,03 meter adalah salah satu penembak jitu paling akurat di liga. Mungkin catatan statistiknya biasa saja. Hanya 5,6 poin per gim dari 58 pertandingan. Watanabe hanya bermain 16,0 menit per gim. Tapi yang istimewa adalah persentase tripoinnya mencapai 44 persen. Menariknya lagi, Yuta punya gaji yang murah dan masuk akal bagi keuangan Lakers. 

Foto: Oregon Live

Adapun Reddish, punya karier di NBA yang tidak seindah waktu masih bermain di level kampus. Dia dikirim ke New York Knicks oleh Altanta Hawks. Namun di New York, dia tidak mendapat tempat, sehingga pindah ke Portland Trail Blazers di pertengahan musim. Reddish mencetak rata-rata 11 poin, 2,9 rebound, dan 1,9 asis dalam 20 pertandingan di Trail Blazers. Meski belum memantapkan dirinya di liga, potensinya menarik perhatian banyak tim, termasuk Lakers. 

Khusus untuk Yuta Watanabe, tampaknya Lakers punya saingan di pasar bursa pemain "free agent". Karena Phoenix Suns dikabarkan tertarik merekrut pemain asal Jepang tersebut. Kabar ini disampaikan oleh Marc Stein melalui NBA Central. Suns ingin menatukan kembali Watanabe dengan Kevin Durant. Karena keduanya pernah bermain bersama di Nets. (*)

Foto: japantimes.com

Komentar