IBL

Bursa transfer pemain NBA sudah menggeliat, meski pasar baru dibuka Jumat sore (29/6) waktu Amerika Serikat. Los Angeles Lakers dikabarkan mendapatkan tanda tangan Cam Reddish dan Gabe Vincent. Sementara, satu pemain buruannya lepas. Yuta Watanabe memilih untuk bergabung dengan Phoenix Suns, atau bermain bersama lagi dengan Kevin Durant. 

Lakers bisa dengan mudah mendapatkan Cam Reddish. Karena pemain yang berstatus "free agent" tersebut berada di bawah naungan Klutch Sports. Lakers dan perusahaan agen pemain tersebut memang sudah akrab. Selain itu, mereka membutuhkan pemain muda, bergaji rendah, namun punya kemampuan bermain di posisi sayap. 

Menurut sebuah laporan oleh Lakersnation.com, CEO Klutch Sports Rich Paul dan agen Josh Hairston telah mencapai kesepakatan jangka panjang dengan Lakers untuk Reddish. Akhirnya Lakers memberikan dua tahun senilai 4,63 juta dolar Amerika, dengan opsi pemain untuk tahun kedua. Sepanjang empat musim NBA-nya, Reddish memiliki rata-rata 10,3 poin dan 3,0 rebound per game, menembak 32,2 persen dari jarak tripoin. 

Selain Cam Reddish, ada Taurean Prince yang sepakat untuk bermain di Lakers selama satu musim dengan kontrak senilai 4,5 juta dolar Amerika. Kontrak tersebut tidak mendapatkan jaminan di tahun berikutnya. Kontrak Reddish dan Prince disebut kontrak gaji minumum pemain pemain veteran NBA. 

Sementara itu, ada juga Gabe Vincent yang masuk roster Lakers. Mantan garda Miami Heat ini sepakat untuk bermain di Lakers dengan kontrak tiga tahun senilai 33 juta dolar Amerika. Vincent adalah pemain penting di playoff. Dia menjadi starter dalam 22 pertandingan playoff Heat, dengan rata-rata 12,7 poin dan 3,5 asis per gim. Dia mencetak akurasi tembakan dengan persentase 40,2 persen secara keseluruhan, dan 37,8 persen dari area tiga poin. Vincent bagian penting dari tim Miami Heat yang mencapai Final NBA 2023. 

Lakers menutup bursa transfer hari pertama dengan memberikan perpanjangan kontrak untuk Rui Hachimura. Bintang asal Jepang tersebut menyetujui kontrak tiga tahun senilai 51 juta dolar Amerika. Hachimura menyelesaikan playoffs tahun 2023 dengan rata-rata 12,2 poin dan 3,6 rebound. Akurasi tembakannya mencapai 55,7 persen dan 48,7 persen dari luar busur. 

Dari semua pemain yang kabarnya diincar Lakers, ada satu yang lepas dari buruan. Dia adalah Yuta Watanabe. Dia memilih bergabung dengan Phoenix Suns. Dengan kata lain, Watanabe akan kembali bersatu dengan Kevin Durant. Pergerakan Suns juga cukup cepat di bursa transfer. Selain Watanabe, mereka juga merekrut Drew Eubanks, Chimezie Metu, dan Keita Bates-Diop. Watanabe dan Metu telah menerima kontrak satu tahun untuk upah minimum, Eubanks kontrak dua tahun senilai $5 juta, serta Bates-Diop yang akan menagih jumlah yang sama dengan Eubanks. (*)

Foto: USA Today, All U Can Heat, ESPN

Komentar