IBL

Manajemen Los Angeles Lakers sudah menyatakan bahwa mereka ingin mempertahankan Rui Hachimura dan Austin Reaves. Pernyataan ini dikeluarkan setelah tersingkit dari babak playoffs NBA 2023. Alasannya, kedua pemain adalah kontributor utama untuk tim Lakers ke Final Wilayah Barat. Janji tersebut ditepati oleh manajemen, yang memberikan penawaran perpanjangan kontrak untuk dua pemain mudanya.

Lakers menjadikan perpanjangan kontrak kedua pemain sebagai prioritas. Meskipun, menurut manajer Rob Pelinka, keputusan ini sangat sulit untuk diambil. Mengingat besarnya gaji yang akan mereka terima. Sehingga Lakers harus mencari cara untuk melonggarkan ruang gaji mereka. 

Rui Hachimura, bisa mendapatkan gaji sekitar 20 juta dolar Amerika Serikat jika dia masuk pasar bursa pemain "free agent". Lakers sebenarnya tidak mau memberikan kontrak setinggi itu. Namun karena mereka mau Hachimura tetap tinggal, maka terpaksa manajemen Lakers harus mengikuti harga pasar. 

Berbeda dengan Hachimura, Reaves akan mendapatkan kenaikan gaji yang signifikan. Dia akan diberikan kontrak termahal ketiga setelah LeBron James dan Anthony Davis di Lakers. Kabarnya, Rob Pelinka memberikan penawaran senilai 50 hingga 51 juta dolar selama empat tahun. Ini memang jauh dari perdiksi pengamat, yang sempat mengira kalau Lakers akan memberinya tawaran 100 juta dolar untuk empat tahun.

Lakers dapat mempertahankan Rui Hachimura dan Austin Reaves. Namun harus mengorbankan kedalaman tim. Bobby Marks dari ESPN mencoba untuk mengurai strategi Lakers. Tim tersebut berpotensi melonggarkan gaji sekitar 17 juta dolar untuk tahun depan, dengan syarat melepas Malik Beasley, Mo Bamba, dan D'Angelo Russell.

Ketiga nama di atas sangat penting bagi Lakers. Russell adalah garda terbaik yang dimiliki Lakers, dan dia sudah membuktikannya musim lalu. Kemudian, Beasley menunjukkan dirinya sebagai penembak jitu terbaik, yang sangat dibutuhkan Lakers. Sementara, Mo Mamba memang tidak banyak bermain. Tetapi jika Anthony Davis mengalami cedera lagi, maka Bamba menjadi pemain yang penting di Lakers. 

Lakers masih punya satu cara agar mereka bisa mempertahankan Rui Hachimura dan Austin Reaves, tetapi masih punya kedalaman tim. Caranya, melepas Malik Beasley, Mo Bamba, dan D'Angelo Russell, lalu mencari pemain veteran berkualitas di bursa pemain "free agent". Karena pemain veteran punya nilai kontrak yang lebih rendah dari tiga pemain muda. (*)

Foto: marca.com

Komentar