IBL

Denver Nuggets memenangi Gim 5 Final NBA 2023, dengan skor 94-89 atas Miami Heat. Memastikan mereka menjadi juara liga musim 2022-2023, dengan keunggulan 4-1 atas Heat di seri final. Semua senang dengan momen bersejarah ini. Pemain, pelatih, staf, bahkan penggemar Nuggets khususnya di Denver. Tapi ada yang lebih bahagia dari mereka semua, yaitu Stan Kroenke. Pemilik Nuggets mendapatkan "rezeki nomplok" setelah tim yang dibelinya sejak tahun 2000 tersebut bisa menjadi juara. 

Miliarder berusia 75 tahun itu mengendalikan enam tim olahraga pro, organisasi esports, dan jaringan olahraga regional, dengan empat gelar dalam 18 bulan. Termasuk kemenangan Denver Nuggets di Final NBA 2023. Sebelumnya,  Los Angeles Rams menjuarai NFL, Colorado Avalanche menjuarai NHL, dan Colorado Mammoth juga keluar sebagai juara National Lacrosse League.

"Luar biasa," kata Kroenke, saat diwawancarai setelah menerima Trofi Larry O'Brien. "Para penggemar di kota ini luar biasa, seperti yang Anda lihat, jadi sangat berarti bagi kami untuk menyelesaikan ini."

Sebagai pemilik Kroenke Sports & Entertainment, miliarder berusia 75 tahun ini punya tiga tim olahraga profesional. Setelah Nuggets, dua tim olahraga pro lainnya adalah Arsenal FC dari Liga Premier Inggris dan Colorado Rapids dari Major League Soccer. Dikutip dari data Forbes, Stan Kroenke memiliki aset aset olahraga sebesar 12,75 miliar dolar Amerika pada bulan Januari 2023. Kekayaan tersebut menjadikannya sebagai pemilik kerajaan olahraga swasta terbesar di dunia. Namun masih di bawah Liberty Media yang diperdagangkan secara publik oleh John Malone.

Khusus untuk Denver Nuggets, Bret Knight dari Forbes menulis bahwa Stan Kroenke seperti mendapatkan "rezeki nomplok", atau rezeki yang diperoleh tanpa diduga dan dalam jumlah besar. Pasalnya, nilai investasi Nuggets hanya sebesar 1,93 miliar dolar Amerika pada bulan Oktober 2022. Jauh di bawah Los Angeles Rams (NFL) di kisaran 6,2 miliar dolar, dan Arsenal FC di kisaran 2,26 miliar dolar. 

Dari data di atas maka bisa diambil kesimpulan bahwa Nuggets punya nilai investasi paling murah dibanding Rams dan Arsenal, namun bisa mendapatkan gelar juara liga. Stan Kroenke membeli Nuggets pada tahun 2000 seharga 485 juta dolar. Secara resmi, Stan Kroenke memang melakukan pembelian klub, namun untuk operasional sehari-hari dipegang oleh putranya, Josh Kroenke, sejak 2015. Sebab, dia menyiasati aturan NFL yang tidak boleh memiliki dua tim olahraga profesional yang berbeda. 

Stan Kroenke memulai bisnis pertamanya menggunakan pinjaman uang 1.500 dolar Amerika dari ayahnya. Uang tersebut digunakan untuk membeli saham toko pakaian lokal. Dia kemudian meraup kekayaannya di real estat, Kroenke sekarang memiliki sekitar 557 hektar properti, serta lebih dari 1,5 juta hektar peternakan, dan saham mayoritas di StorageMart, sebuah perusahaan penyimpanan mandiri swasta. Aset tersebut dinilai sekitar 5 miliar dolar Amerika dari kekayaannya.

Salah satu yang mendongkrak kekayaan Stan Kroenke adalah pernikahannya dengan Ann Walton, putri salah seorang pendiri Walmart, Bud Walton, pada tahun 1974. Forbes memperkirakan kekayaan bersih istrinya secara terpisah sebesar 9,2 miliar dolar Amerika. Stan Kroenke juga dikenal sebagai "Silent Stan", karena dia jarang berbicara kepada wartawan. Namun saat Nuggets menjadi juara, Stan Kroenke bersedia menerima piala sekaligus wawancara. (*)

Foto: Front Office Sports

Komentar