IBL

Jamal Murray kini menjadi pemain Kanada kesembilan yang mampu memenangkan gelar juara NBA. Murray tampak emosional merayakan malam bersejarah ini. Murray akhirnya membalas kesabaran manajemen Nuggets yang tidak membuangnya saat mengalami cedera lutut. Murray ikut mempersembahkan gelar juara pertama dalam 47 tahun Denver Nuggets. 

Murray absen lebih dari satu musim setelah operasi ACL. Namun dia berhasil kembali sebagai pemain hebat sepanjang Final NBA 2023, dan playoff secara keseluruhan. Dia menyelesaikan gim kelima dengan torehan 14 poin, 8 rebound dan 8 asis dalam kemenangan 94-89 atas Miami Heat. Murray orang Kanada kedua dalam dua musim terakhir yang mengangkat Trofi Larry O'Brien, setelah Andrew Wiggins bersama Golden State Warriors setahun lalu. Itu adalah akhir yang pas untuk perjalanan panjang kembali bagi garda yang mengalami cedera lutut pada tahun 2020.

Murray berkomitmen untuk Universitas Kentucky pada 2015 di mana dia tinggal selama satu tahun. Pada April 2016, Murray mengumumkan untuk draft NBA, meninggalkan tiga tahun terakhirnya di perguruan tinggi. Pelatih SMA Murray mengatakan dia terkejut pemain NBA itu bisa pulih dari cedera ACL robek yang dideritanya musim lalu. "Sedikit terkejut dia kembali secepat ini, tapi tidak diragukan lagi dengan apa yang bisa dia lakukan dan apa yang dia lakukan di masa lalu. Inilah yang dilakukan Jamal," kata Tolly Henderson, pelatih Murray di Grand River Collegiate Institute.

Murray dikenal sebagai pemain yang ulet dan pekerja keras. Wajar kalau dirinya mampu pulih, dan kembali membuat Nuggets dominan di Final NBA 2023. "Dia selalu berlatih keras, selalu menyempatkan diri untuk menyapa semua orang, bahkan jika dia tidak mengenal Anda, dia selalu mengajak Anda bermain basket dan membiarkan Anda menembak," kata Stefan Lazic, mantan teman sekelasnya di Grand River Institut perguruan tinggi.

Jamal Murray sangat emosional setelah berhasil memenangkan gelar juara. Diwawancarai di tengah lapangan setelah pertandingan, Murray berbicara tentang apa artinya mengatasi cedera besar untuk mencapai titik ini."Perasaan yang luar biasa," kata Murray. "Darah, keringat, dan air mata untuk kembali ke titik ini. Semua orang di tim saya di sini, semua orang di lapangan percaya pada saya... Kami membuktikan banyak orang yang ragu salah."

Proses pemulihan ACL sangat ekstensif dan sulit, tetapi Murray bertahan dengan itu, dan itu mengakibatkan dirinya dan Nuggets memenangkan kejuaraan NBA. Murray adalah seorang superstar selama perjalanan ini, yang sangat mengesankan ketika melihat karirnya secara keseluruhan.Tidak pernah menjadi All-Star, Murray tidak memiliki penghargaan individu yang dimiliki bintang NBA lainnya, tetapi dia memiliki momen playoff daripada kebanyakan pemain tersebut. Sekarang sebagai juara NBA, Murray dapat merayakannya di depan penonton tuan rumah di Denver. (*)

Foto: On3.com

Komentar