IBL

Setelah bel berbunyi untuk mengakhiri Gim 5 Final NBA, maka Denver Nuggets dinobatkan sebagai Juara NBA musim 2022-2023. Nikola Jokic memberikan sentuhan akhir pada penampilan bersejarah pasca-musim dengan 28 poin, 16 rebound, dan 4 asis. Jokic, pilihan ke-41 dalam draft 2014, menjadi pemain dengan draft terendah yang pernah memenangkan MVP Final NBA. Uniknya dia tetap tenang dalam merayakan malam bersejarah ini. 

Jokic tampak tenang dengan menjabat tangan setiap pemain Miami Heat sebelum mengeluarkan tepuk tangan golf khasnya. Istri Jokic, putrinya, saudara laki-laki, dan seluruh keluarga diliputi oleh emosi dengan memeluknya. Jokic, MVP liga dua kali tersebut dinobatkan sebagai MVP Final NBA 2023.

Dengan wajah yang tetap tenang seperti biasa, dia menyampaikan kalimat yang sangat sederhana kepada Lisa Salters dari ESPN. "Ini bagus. Pekerjaan sudah selesai, kami bisa pulang sekarang," katanya sambil tertawa.

Tidak ada keraguan bahwa dia pantas mendapatkan penghormatan tertinggi. Jokic mencetak 28 poin dan 16 rebound dalam kemenangan 94-89 mereka, yang menutup seri 4-1. Dia rata-rata mencetak 30,2 poin, 14 rebound, dan 7,2 asis di Final NBA, dan mencetak 10 tripel-dobel di babak playoff. Jokic juga memimpin babak playoff dengan 600 poin, 269 rebound, dan 190 asis, sesuatu yang belum pernah dilakukan sebelumnya dalam sejarah liga.

Denver Nuggets memasuki NBA pada tahun 1976 setelah sembilan musim di ABA. Nuggets mengambil Jokic dari pick putaran kedua pada draft 2014. Sebelum mengantar Nuggets menjadi juara, Jokic dinobatkan sebagai MVP NBA 2021 dan 2022. Kini semua gelar sudah lengkap, termasuk MVP Final NBA dan mengangkat trofi Larry O'Brien. (*)

Foto: GMA Network

Komentar