IBL

Banyak rapper yang bermunculan dalam beberapa dekade terakhir, namun kehadiran Marshall Mathers alias Eminem akan selalu ditunggu. Bergelut di kultur hip hop sejak 1990-an, Eminem telah menjadi salah satu legenda. Single andalan seperti Lose Yourself, Mockingbird, The Monster, dan lainnya membuat ia bertahan di tengah persaingan dunia musik yang ketat.

Eminem pun terkenal selalu memberi bocoran jika sedang mengerjakan materi album baru. Seperti tahun lalu, misalnya, ia memberi tahu para penggemar selepas merilis track anti-Trump berjudul "Campaign Speech". Hal ini dikonfirmasi pula oleh sutradara Allen Hughes, pengarah film dokumenter tentang Dr. Dre berjudul “The Defiant Ones”. Hughes menuturkan bahwa Dr. Dre turut serta dalam pengerjaan album terbaru Eminem tersebut.

Lagu pembuka untuk album bertajuk “Revival” juga mengejutkan. Tak tanggung-tanggung, Eminem menggandeng diva pop dunia, Beyonce Knowles, sebagai rekan berduet di lagu pembuka berjudul “Walk on the Water”. Gaya nge-rap Eminem yang biasanya enerjik kini lebih kalem, mengikuti gaya bernyanyi Beyonce yang lebih cenderung ballad.

Kabar tentang tanggal rilis album ini pun telah beredar. Produser eksekutif album sekaligus kolaborator setia Eminem, Dr. Dre, mengumumkan melalui instagram pribadinya. Album tersebut katanya akan dirilis pada 15 Desember 2017 mendatang. Pengumumannya pun tergolong sederhana, hanya dengan sebuah video.

Di dalam video tersebut, seorang aktor bernama Trevor tengah memperagakan kegiatan promosi sebuah obat untuk penyakit Athrox Rithimus. Ia mengatakan bahwa obat dari penyakit tersebut adalah “Revival”. Ia kemudian menyebutkan jika “Revival” bukan obat, tapi judul album terbaru Eminem.

Menyusul pengumuman yang disampaikan Dr. Dre, Eminem juga mengumumkan daftar judul lagu yang terdapat di album terbarunya. Media sosial Instagram milik Eminem kini jadi tempat untuk mengumumkannya. Terdapat 19 lagu di dalamnya. Beberapa di antaranya adalah kolaborasi dengan musisi besar dunia.

Berikut daftar judul lagu tersebut:

Album terbaru Eminem ini seakan jadi penutup manis tahun 2017, terutama bagi penggemar rapper satu ini. Komposisi lagu yang dibawakan membuat album ini jadi rekomendasi tepat untuk mengiringi libur akhir tahun Anda. Albumnya sudah bisa Anda dapatkan dalam hitungan hari. Namun, jangan lupa untuk membeli album yang original.

Sumber: Billboard, NME 

Komentar