IBL

Rich Chigga juga merilis single kedua setelah "Crisis" untuk album terbarunya yang dirilis 2 Februari 2017

Bertepatan dengan pergantian tahun, Rich Chigga mengumumkan perubahan nama panggung. Rapper remaja kelahiran Jakarta ini mengganti panggilan dengan nama depannya, “Brian”. Tak hanya itu, ia juga merilis lanjutan lagu di album debutnya yang akan rilis Februari 2018 mendatang. Single tersebut berjudul “See Me”.

Ia menggunakan media sosial Twitter untuk mengumumkan perubahan nama tersebut. Berikut adalah kicauan yang dilontarkan Brian:

“Ya, Aku sekarang berkarir menggunakan nama Brian. Aku sudah merencanakannya sejak lama dan sangat senang akhirnya bisa merealisasikannya. Aku merasa naif dan telah melakukan kesalahan. Tahun baru, awal baru, selamat merayakan tahun baru!”

Nama panggung Rich Chigga memang kontroversial. Nama tersebut memuat dua ras kulit secara gamblang. Kata “Chigga” merupakan akronim dari "Chinese Nigga". Ia memang sangat mengidolai gaya bicara para penduduk keturunan afrika-amerika yang biasa disebut negro atau nigga, sehingga memilih nama itu sebagai nama panggung.

Niat untuk mengubah nama sudah terpikirkan oleh remaja kelahiran 1999 ini sejak lagu "Dat $tick" meraih kepopuleran. Kepada XXL, ia menyampaikannya bersamaan dengan wawancara gebrakannya pada September 2016 lalu. “Nama panggung Rich Chigga bisa menceritakan ke mana jiwaku. Aku tahu ada beberapa orang yang merasa tersinggung dengan nama tersebut, namun di satu sisi ada yang tidak mempedulikannya. Nama itu kupilih agar mereka tahu bahwa aku tidak main-main di dunia hip hop,” kata Brian.

Bersamaan dengan tahun baru pula, Brian Immanuel merilis lagu kedua untuk album perdananya bertajuk AMEN. Lagu tersebut punya daya tarik paling personal di antara semua lagu yang pernah ia rilis. Ia melukiskan gambaran introspektif tentang perjalanan bermusiknya sampai sekarang dan apa yang ia rencanakan untuk masa yang akan datang. Sedangkan lagu perdana yang diperkenalkan terlebih dahulu diberi judul "Crisis". Di lagu ini, Brian berkolaborasi dengan rapper 21savage.

Sikap ini menunjukkan bahwa Brian Immanuel telah semakin dewasa. Kontroversi yang timbul dari nama panggung Rich Chigga ia sikapi dengan bijak namun tetap sesuai dengan karakter dirinya. Di tambah lagi dengan kesibukannya dalam mempersiapkan perilisan album perdana. Semoga pencapaian Brian bisa menginspirasi lebih banyak remaja Indonesia lain untuk bisa berkarya hingga ke tingkat internasional.

Sumber Foto: Brian Immanuel, XXL

Komentar