IBL

Boston Celtics memaksa Heat dan Final Wilayah Timur berlanjut ke Gim 7. Derrick White jadi aktor utama di balik kemenangan di Gim 6 104-103, Sabtu (27/5), waktu setempat. 

Setelah tiga tembakan gratis Jimmy Butler membawa Heat unggul satu poin, Celtics punya tiga detik untuk tembakan terakhir. Bola inbound diambil oleh White yang diberikan kepada Marcus Smart untuk tripoin. 

Tripoin Smart gagal, namun White yang berlari mengejar bola mendapatkan rebound dan langsung memasukkan bola (putback). Bola masuk bertepatan dengan bel akhir dan Celtics menyamakan kedudukan 3-3 setelah tertinggal 0-3. 

White menutup laga dengan 11 poin, 4 rebound, 6 asis, dan 3 blok. Jayson Tatum dobel-dobel 31 poin, 11 rebound, 5 asis. Jaylen Brown juga dobel-dobel 26 poin 10 rebound. Marcus Smart 21 poin, sementara Robert Williams 10 poin plus 7 rebound dari bangku cadangan. 

Heat sejatinya punya banyak kesempatan untuk memenangkan gim, utamanya dari Duncan Robinson. Ia mendapatkan dua tripoin dengan sangat terbuka. Sayangnya, keduanya tak menemui sasaran. Sebelum tiga tembakan gratisnya, Jimmy juga sempat meleset dari tembakan gratis yang sangat mungkin mengubah hasil akhir gim. 

Jimmy sendiri mencetak dobel-dobel 24 poin, 11 rebound, 8 asis. Jimmy memasukkan 12/14 tembakan gratis dan hanya 5/21 secara tembakan keseluruhan (24 persen). Caleb Martin juga dobel-dobel 21 poin 15 rebound. Bam Adebayo pun menyusul dua rekannya dengan 11 poin, 13 rebound, dan 5 asis. Gabe Vincent 15 poin, Duncan 13 poin, dan Max Strus 10 poin. 

Celtics adalah tim keempat dalam sejarah NBA yang mampu menyamakan kedudukan setelah tertinggal 0-3. Akan tetapi, Celtics jadi tim pertama yang akan memainkan Gim 7 di kandang mereka. Gim 7 akan digelar lusa untuk memastikan juara Wilayah Timur dan lawan Nuggets di final. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar