IBL

Ada rumor kalau New York Knicks tertarik merekrut Joel Embiid. Kabar ini muncul setelah Philadelphia 76ers tersingkir dari semifinal Wilayah Timur. Tapi menurut Keith Pompey dari Philadelphia Inquirer, Embiid tak akan pergi dari Sixers. Dia "tak tersentuh" perdagangan dengan tawaran apa pun. 

"Sampai saat ini, tidak ada rencana (Sixers) untuk melibatkan Embiid dalam perdagangan dengan tim mana pun. Jadi, ya, dia sangat 'tak tersentuh'," kata Pompey. 

Menurut Pompey, tidak ada pemain yang nilainya sama dengan Embiid. Setidaknya di bursa transfer tahun ini. Dikutip dari fadeawayworld.net, bahwa ada yang menyarankan manajemen Sixers untuk menukar Embiid dengan Kawhi Leonard. Tapi langkah ini tidak sepadan, karena Leonard belum bisa menjamin LA Clippers jadi favorit peraih gelar juara NBA. 

Sementara kalau berbisnis dengan Knicks, juga tidak sepadan. Kemungkinan Knicks akan memberikan pemain seperti RJ Barrett dan Julius Randle sebagai imbalan untuk Embiid. Tapi belum cukup, meski Knicks menyertakan beberapa pemain draft. Apalagi dengan pemain-pemain yang ada di bursa "free agent". Sama sekali tidak menarik bagi Sixers. 

Embiid mungkin kurang bagus di playoff. Tetapi dia adalah MVP liga, karena di musim reguler, Embiid mencetak rata-rata 33,1 poin, 10,2 rebound, 4,2 asis, 1,0 steal, dan 1,7 blok per pertandingan di NBA 2022-2023. Dia merupakan salah satu pemain terbaik di liga saat ini. Melepaskan Embiid bakal merugikan bagi Sixers sendiri. 

Foto: Liberty Ballers

Masalahnya sekarang bukan soal perdagangan, atau tawar menawar. Justru di internal Sixers sendiri terjadi dilema. Embiid merupakan pemain sekaligus bintang utama klub. Tetapi saat ini dia sedang tidak senang dengan manajemen. Presiden tim Daryl Morey mengungkapkan bahwa Embiid kurang setuju dengan pemecatan Doc Rivers. Sebab keduanya sangat dekat. Sementara, Morey juga perlu mengamankan James Harden, yang disinyalir tidak suka dengan Doc Rivers. 

Tanpa Harden, Sixers hanya punya Embiid. Mereka tidak punya peluang untuk bisa bersaing sampai ke Final NBA. Namun untuk membuat Embiid bertahan, maka manajemen harus memberikan kenyamanan. Langkah paling masuk akal, menurut Gautam Varier dari fadeawayworld.net adalah mencari pelatih yang tepat. Dalam arti, pelatih tersebut minimal harus disukai oleh Embiid dan Harden. Jadi tugas manajemen tidak mudah untuk mencari sosok pelatih yang bisa memenuhi kriteria tersebut. (*)

Foto: The Sixer Sense

Komentar