IBL

Tampaknya sudah cukup bagi Houston Rockets untuk menjalankan proyek peremajaan tim. Karena hasilnya kurang bagus. Menurut ESPN, manajemen Rockets bersiap untuk merogoh kocek dalam-dalam untuk memulangkan James Harden. Mereka bisa memberikan kontrak yang nilainya hampir sama dengan tawaran Philadelphia 76ers. 

Presiden operasi bola basket Sixers, Daryl Morey mengatakan bahwa mereka memiliki minat untuk mempertahankan Harden. Sixers punya rekor 54-28 di musim reguler 2022-2023. Harden mencetak rata-rata 21,0 poin dan 10,7 asis dalam 58 pertandingan. Namun mereka kalah dari Boston Celtics dalam tujuh pertandingan Semifinal Wilayah Timur. 

Dikutip dari ESPN, bahwa Sixers bisa menawarkan nilai kontrak sebesar 210,1 juta dolar Amerika selama empat tahun ke depan. Tetapi bila Harden masuk ke bursa pemain "free agent", maka Rockets berpeluang untuk memberinya kontrak senilai 201 juta dolar Amerika, juga dengan durasi empat tahun. Jadi tidak ada perbedaan yang signifikan bagi Harden untuk memutuskan apakah tetap berada di Sixers, atau kembali ke Rockets. 

Harden punya catatan yang manis bersama Rocekts. Dia mencetak rata-rata 29,6 poin, 7,7 asis, dan 6,0 rebound dalam 621 pertandingan bersama Rockets. Dia memenangkan satu-satunya penghargaan MVP NBA pada tahun 2018 setelah memimpin Rockets dengan rekor 65-17. Seandainya dia bersedia kembali, maka Harden akan jadi pemain yang paling dihormati di Rockets. Karena tim ini berisi mayoritas pemain muda. 

Tapi kalau Rockets tidak mendapatkan tanda tangan Harden, maka kemungkinan mereka akan mengejar beberapa pemain berstatus "free agent". Yossi Gozlan dari USA Today menyebut beberapa nama yang diincar Rockets, seperti Khris Middleton, Kyrie Irving, Fred VanVleet, dan Draymond Green. 

Sementara, kalau Harden bersedia kembali, maka Rockets perlu menyiapkan skenario lain. Mereka siap untuk melepaskan Kevin Porter Jr. yang punya kontrak 15,9 juta per musim, serta membebaskan Daishen Nix yang tanpa jaminan. Dengan begitu, Rockets punya ruang gaji sekitar 33 juta dolar Amerika, yang bisa mereka gunakan untuk mencari pemain yang cocok berada di samping Harden. (*)

Foto: Yahoo!Sport

Komentar