IBL

Philadelphia 76ers membuat keputusan besar setelah terhenti di Semifinal Wilayah Timur beberapa waktu lalu. Selasa (16/5), waktu setempat, Sixers resmi berpisah dengan Doc Rivers, kepala pelatih yang menangani tim dalam tiga musim terakhir. 

Keputusan ini tak bisa dibilang sepenuhnya mengejutkan, namun juga terbilang berani. Doc memang tak kunjung berhasil membawa Sixers melaju lebih jauh lagi di Playoff. Namun, sepanjang tiga musim menangani tim, Sixers lebih banyak menang. Total rekor Doc dengan Sixers adalah (154-82) atau setara dengan 65 persen persentase kemenangan. Jumlah ini termasuk 54 kemenangan pada 2022-2023 yang jadi paling tinggi untuk Sixers sejak 2000-2001. 

Pemecatan Doc pun menyusul pemecatan dua pelatih kawakan sebelumnya yakni Mike Budenholzer bersama Milwaukee Bucks dan Monty Williams dengan Phoenix Suns. Bersama, ketiganya adalah pelatih dengan rekor kemenangan terbaik dalam tiga musim terakhir dan kini sama-sama dipecat oleh timnya. 

Situasi ini pun memancing pelatih kawakan lainnya, Erik Spoelstra, angkat bicara. Dilansir Heat Nation, Erik merasa tidak nyaman dengan apa yang terjadi pada ketiga koleganya tersebut. 

"Saya sedang memikirkan para pelatih yang sudah terbukti mentalitas menangnya, pengalamannya, dan sekarang kehilangan pekerjaan mereka," buka Erik. "Untuk saya, pemecatan ini adalah hal yang tidak masuk akal. Ini bahkan cukup mengganggu saya."

"Doc adalah seorang Hall of Fame. Ia berhasil membawa tim lolos dari ronde pertama playoff. Ini bukan hal mudah. Anda butuh banyak kerja sama untuk melewati ini. Buktinya, tidak banyak tim yang menembus semifinal wilayah. Benar-benar sulit bagi saya mendengar kabar pemecatan pelatih-pelatih di satu pekan terakhir ini," pungkasnya. 

Erik sendiri adalah pelatih dengan masa jabatan terlama di NBA sekarang. Ia sudah memimpin Heat sejak 2008-2009. Dalam prosesnya, ia membantu tim meraih dua gelar juara dari lima penampilan di final. Musim ini, Erik dan Heat finis di urutan kedelapan namun mengejutkan publik dengan mengeliminasi Bucks di ronde pertama dan New York Knicks di Semifinal Wilayah Timur. (DRMK)

Foto: NBA

Komentar