IBL

Guiness World Records merilis sebuah catatan menarik tentang pemilik kaki terbesar di dunia. Ternyata rekor ini sekarang dipengang oleh pria berusia 22 tahun asal Venezuela bernama Jeison Orlando Rodriguez Hernandez. Dan, dia rajin bermain basket. 

Jeison sulit menemukan ukuran sepatu sejak kecil. Kecintaannya terhadap olahraga bola basket akhirnya pupus, setelah tidak menemukan ukuran sepatu yang pas. Meski pada akhirnya, dia tetap bermain basket dengan sepatu kulit, dan bukan sepatu olahraga. Ini karena ukuran kakinya yang terlalu besar dan tidak ada perusahaan perlengkapan olahraga yang bisa membuatnya. 

"Menemukan sepatu dalam ukuran saya tidak pernah mudah. Saya sudah berjuang untuk menemukan ukuran saya ketika saya berusia 16 tahun. Saya sempat frustasi, sampai pada akhirnya Guiness World Record membuat lebih menghargai diri sendiri, terutama ukuran kaki saya," ujarnya, dikutip dari Yahoo!Sports. "Hari ini saya bangga memiliki kaki terbesar di dunia."

Foto: Guiness World Record

Pada awal bulan April 2023, jagad sneaker digemparkan oleh kemunculan pemuda 14 tahun bernama Eric Kilburn Jr., yang punya ukuran sepatu 23. Lebih besar dari Tacko Fall yang berukuran 22. Dia berhasil mencuri perhatian perusahaan perlengkapan olahraga, sampai mendapatkan kiriman sepatu dari Shaquille O'neal. Tapi kini justru ada yang punya ukuran kaki lebih besar, dan mencatatkan rekor dunia.

Baca juga: Fenomena Eric Kilburn Jr., Jadi Rebutan Brand Hingga Dikirim Sepatu oleh Shaq

Ukuran kaki Jeison Hernandez sepanjang 40,55 cm, atau dengan ukuran sepatu 26 untuk Amerika Serikat. Ukuran kaki Jeison bahkan lebih besar dari Sultan Kosen, pemilik rekor sebagai pria tertinggi di dunia. Dia menerima penghargaan rekor dunia pada tahun 2018. Sulit menemukan ukuran 26 di pasaran. Paling besar perusahaan sepatu hanya terbatas di ukuran 13 dan 14 saja. Pada akhirnya, Georg Wessel, pembuat sepatu asal Jerman, yang bersedia membuatkan sepatu untuk Jeison Hernandez. 

Menurut catatan Guiness World Record, Jeison Hernandez memegang rekor kaki terbesar saat ini, atau yang masih hidup. Sementara rekor kaki terbesar untuk manusia yang pernah hidup adalah Robert Wadlow. Dia hidup dari tahun 1918 hingga 1940 dengan ukuran kaki 49,66 cm. 

Foto: Depositephoto

Masalahnya adalah pemilik ukuran kaki terbesar biasanya punya kelainan hormonal. Ini merupakan gejala yang terkait dengan akromegali, kelainan hormonal yang terjadi saat kelenjar pituitari membuat hormon pertumbuhan berlebih. Pada tahun 2017, Broc Brown memiliki ukuran sepatu 28. Ternyata setelah dipersiksa, pria asal Michigan, Amerika Serikat ini menderita sindrom sotos atau yang dikenal sebagai gintastisme serebral. Sementara untuk wanita, ada Tanya Herbert yang memiki ukuran sepatu 18. 

Sementara itu, dari penelitian yang dilakukan Academy of Orthopedic tahun 2014, menunjukkan bahwa rata-rata ukuran sepatu pria di seluruh dunia antara 9 hingga 12. Sedangkan ukuran sepatu pria Amerika Serikat rata-rata 10,5. Dikutip dari laporan Walton, sebuah perusahaan sepatu asal Amerika Serikat, ukuran sepatu pria dan wanita selalu bertambah satu ukuran selama tiga dekade terakhir. Sehingga Walton sampai sekarang menjadi perusahaan yang menyediakan sepatu ukuran besar. (*)

Foto: NBC News

Komentar