IBL

Boston Celtics menjadi tim keenam yang lolos ke ronde kedua playoff. Mereka menutup babak pertama di gim keenam dengan keunggulan 4-2. Kepastian itu didapat setelah Celtics mengalahkan Atlanta Hawks 128-120 pada Kamis (27/4) di State Farm Arena.

Tertinggal enam angka, Hawks terus menekan Celtics hingga detik-detik akhir. Perlawanan Hawks tertutup setelah Celtics menutup gim melalui dua tembakan gratis dari Marcus Smart. Sebelumnya Hawks menunda kesenangan Celtics dengan merebut kemenangan krusial di gim kelima.

Jaylen Brown menyelesaikan gim dengan poin tertinggi. Brown mengemas 32 poin. Dari 13 tembakan yang tepat sasaran, Brown memasukkan 6 tripoin. Jayson Tatum memberikan 30 poin, 14 rebound, 7 asis, dan 2 blok.

Mereka menjadi duo kedua dalam sejarah Celtics yang mencetak 30+ poin beberapa kali dalam satu di gim di playoff. Mengikuti jejak Larry Bird dan Kevin McHale yang melakukan hal serupa pada semifinal Wilayah Timur melawan Milwaukee Bucks (1986-87).

Marcus Smart ikut serta dalam 22 poin, 4 rebound, dan 4 asis. Smart memberikan 8/9 tembakan gratis. Smart memasukkan total 6 tembakan dari 12 kesempatan saat tampil selama 32 menit. Al Horford berkontribusi pada 10 poin, 12 rebound, 2 steal, dan 3 blok. Dari bangku cadangan Malcolm Brogdon konsisten dengan raihan 17 poin dan 4 asis.

Dalam wawancara usai pertandingan, Horford mengatakan timnya belajar dari kekalahan di gim kelima. Hawks berhasil mencuri keunggulan setelah tertinggal belasan poin. Memaksa Celtics untuk melanjutkan ronde pertama lebih lama.

“Kami berbicara tentang menyelesaikan pertandingan. Saya merasakan sebagian besar dalam pertandingan terakhir, kami baik-baik saja. Tapi malam ini ada rasa terdesak. Kami memahami betapa pentingnya untuk tidak memperpanjang seri ini,” kata Horford.

Sementara itu Trae Young tetap tampil luar biasa untuk Hawks. Young mengumpulkan total 30 poin. Dari 9 tembakan, ia memasukkan 4 tripoin dan tidak meleset dalam 8 tembakan gratis. Young juga menambah raihan 10 asis dan 2 blok. Disusul De’Andre Hunter 10 poin. Dejounte Murray 14 poin, 7 rebound, dan 11 asis

Semifinal Wilayah Timur akan berlangsung pada Senin (1/5) mendatang. Celtics memiliki keuntungan dengan menggelar gim pertama di Boston. Mereka akan berjumpa Philadelphia 76ers, yang terlebih dahulu menyapu bersih Brooklyn Nets. (rag)

Foto: NBA

Komentar