IBL

Toronto Raptors sedang mencari kepala pelatih baru untuk menggantikan Nick Nurse. Juara NBA 2018-19 itu melakukan penjajakan dengan beberapa kandidat. Dalam laporan ESPN pada Kamis (27/4) waktu setempat Raptors mendapat izin untuk berbicara dengan pelatih Becky Hammon.

Saat ini Hammon berstatus sebagai kepala pelatih Las Vegas Aces. Hammon juga memiliki pengalaman mumpuni di NBA. Ia tercatat pernah menjadi asisten pelatih San Antonio Spurs selama 8 tahun di bawah asuhan Gregg Popovich.

Melihat rekam jejak Hammon, peluangnya menjadi kepala pelatih perempuan pertama NBA cukup besar. Pada musim pertamanya sebagai kepala pelatih di WNBA, ia meraih tiga gelar sekaligus. Hammon tidak hanya membawa Aces mengawinkan gelar WNBA 2022 dan Commissioner’s Cup 2022, ia juga dinobatkan sebagai pelatih terbaik pada tahun yang sama.

Ini memang bukan pertama kalinya mantan pemain New York Liberty itu diwawancara untuk posisi kepala pelatih. Pada 2018 lalu, Hammon juga didekati Milwaukee Bucks untuk posisi yang sama. Hammon menjadi perempuan pertama yang diwawancarai untuk posisi kepala pelatih NBA. Tetapi posisi tersebut pada akhirnya jatuh kepada Mike Budenholzer.

Baca juga: Lima Tahun Lagi, NBA Ingin Ada Perempuan Jadi Kepala Pelatih

Begitu juga dengan Portland Trail Blazers yang mewawancarai Hammon pada pertengahan 2021 lalu. Sayangnya, Hammon “kalah bersaing” dengan Chauncy Billups. Akhirnya Hammon berlabuh ke Las Vegas pada Desember 2021.

Dalam sebuah wawancara pada Desember 2022 lalu, Komisaris NBA Adam Silver mengungkapkan impian agar liga memiliki kepala pelatih perempuan. Ia menargetkan dalam jangka waktu lima tahun, ada sejarah baru yang tercipta.

Hingga saat ini baru ada 15 perempuan yang masuk dalam tim kepelatihan NBA. Namun, belum ada satu orang pun mendapat kesempatan naik jabatan sebagai kepala pelatih. Pada musim 2022-23 ini, ada lima perempuan yang menjadi asisten pelatih.

Mereka adalah Jenny Boucek (Indiana Pacers), Lindsey Harding (Sacramento Kings), Sonia Raman (Memphis Grizzlies), Kristi Toliver (Dallas Mavericks), dan Teresa Weatherspoon (New Orleans Pelicans).

Baca juga: Becky Hammon Berpotensi Jadi Kepala Pelatih Perempuan Pertama di NBA

Selain Hammon, Raptors juga mendapat izin untuk menjalani wawancara dengan beberapa asisten pelatih top lainnya. Mereka adalah Kenny Atkinson (Golden State Warriors), Kevin Young (Phoenix Suns), Mitch Johnson (San Antonio Spurs), Darko Rajakovic (Memphis Grizzlies), dan Chris Quinn (Miami Heat).

Raptors sendiri memutuskan berpisah dengan Nick Nurse setelah lima musim. Hal ini tidak lepas dari hasil buruk Raptors yang terjungkal dengan rekor 41-41. Mereka juga gagal lolos playoff setelah disingkirkan Chicago Bulls pada fase play-in. (rag)

Foto: WNBA

Komentar