IBL

Minnesota Timberwolves mengakhiri musim NBA 2022-2023, setelah disingkirkan Denver Nuggets (1-4) di Playoff putaran pertama. Namun petualangan pemain berjuluk "SloMo" tersebut belum berakhir. Dia akan terbang ke China untuk menyelesaikan proses naturalisasi. Anderson akan bergabung dengan timnas negara tersebut untuk Piala Dunia FIBA 2023. 

Menurut laporan dari surat kabar South China Morning Post, Anderson dikatakan sedang menyelesaikan prosedur untuk menjadi pemain naturalisasi China. Tujuannya sudah jelas yaitu bermain di Piala Dunia FIBA yang akan dimulai pada akhir bulan Agustus 2023 di Jepang, Indonesia dan Filipina. 

Anderson memiliki darah Tionghoa asli. Karena ayah dari nenek dari pihak ibu sebenarnya adalah orang Tionghoa. Dia bermigrasi ke Jamaika, dan memiliki seorang putri setelah menikah dengan wanita asli Jamaika. Putri tersebut yang kini menjadi ibu dari Kyle Anderson. 

Ibunya sekarang tinggal di desa kecil dekan Shenzhen. Sementara kakek dan neneknya tinggal di pulau Karibia. Karena memiliki ikatan darah yang kental, maka Kyle Anderson bisa dengan mudah menjadi pemain naturalisasi dan bergabung dengan tim nasional China. 

Prosedur naturalisasi Anderson dimulai sekitar setahun yang lalu. Setelah pemain tersebut menemukan kerabat Tionghoa-nya pada tahun 2018 setelah pencarian yang sangat lama. Namun yang jelas, Anderson masuk dalam kriteria pemain naturalisasi yang diinginkan oleh mantan bintang NBA sekaligus presiden federasi bola basket China, Yao Ming. Anderson pada NBA 2022-2023 tampil sebanyak 69 pertandingan dengan kontribusi rata-rata 9,4 poin, 5,3 rebound, 3,9 asis, dan 1,1 steal per pertandingan. (*)

Foto: Dunking With Wolves

Komentar