IBL

SEA Games kembali ke format awal. Pada SEA Games 2023 Kamboja ini ada delapan peserta untuk tim putra 5x5. Artinya ada pembagian dua grup yang dilanjutkan fase gugur. Berdasarkan hasil undian, Indonesia tergabung di Grup A bersama Thailand, Singapura, dan Kamboja. Sedangkan Grup B berisi Filipina, Vietnam, Malaysia, dan Myanmar.

Pelatih Milos Pejic belum bicara banyak tentang hasil undian tersebut. “Tidak bisa menjawab ringan, sedang, atau berat karena kami satu grup dengan tuan rumah. Kami tidak akan tahu apa yang mereka siapkan,” kata Milos dilansir dalam rilis resmi PP Perbasi.

Format ini berbeda dengan edisi sebelumnya yang berisi tujuh peserta dimana Myanmar kala itu tidak berpartisipasi. Pada SEA Games 2022 lalu menggunakan sistem round robin. Indonesia berhasil meraih emas setelah menyapu bersih enam laga.

Melihat hasil pertandingan SEA Games sebelumnya, lawan di fase grup juga tidak bisa dipandang remeh. Pada SEA Games 2022, Indonesia menang tipis 78-75 dari Thailand. Kemudian mengatasi Singapura 91-61. Setelah itu menang telak atas Kamboja 94-44. Pada pertandingan terakhir Indonesia bisa mengalahkan Filipina 85-81.

Meski begitu, pelatih Milos Pejic tetap bertekad untuk memenangkan seluruh pertandingan. Milos mengatakan timnya siap mengikuti kompetisi dengan skema apapun. Dengan status juara bertahan, Indonesia diharapkan bisa mengulang kesuksesan seperti sebelumnya. “Target kami satu, mempertahankan medali emas. Kami perlu menang seluruh game sampai final. Itu target kami dan tidak akan kurang dari itu,” kata pelatih asal Serbia tersebut.

Tantangan Timnas Indonesia juga lebih berat. Thailand dan Singapura dikabarkan menurunkan skuad terbaiknya. Selain itu sebagai tuan rumah, Kamboja juga tidak mau bermain-main. Mereka kabarnya menurunkan 10 pemain keturunan Amerika Serikat.

Untuk Filipina sendiri kali ini akan lebih serius hal itu dilihat dari roster yang mereka siapkan dalam SEA Games 2023 ini. Meski tidak berada dalam satu grup, kemungkinan besar Indonesia dan Filipina akan bertemu di laga puncak.

Sedangkan Indonesia tidak bisa menurunkan skuad yang sama seperti SEA Games 2022. Kali ini Indonesia tidak diperkuat oleh Marques Bolden dan Derrick Michael Xzavierro. Tetapi ada nama lain seperti Lester Prosper dan Anthony Beane Jr.

Dalam persiapan ke multi event dua tahunan tersebut, Timnas Indonesia menggelar pemusatan latihan di Australia sejak 4 April lalu. Ada 15 pemain yang dibawa. Tetapi susunan pemain tersebut belum pasti masuk roster SEA Games 2023. Dalam TC di Negeri Kanguru itu, Indonesia melakukan latih tanding dengan tim-tim NBL1. Dari sembilan gim tersebut, Indonesia memetik empat kemenangan. (rag)

Foto: Ariya Kurniawan

Komentar