IBL

Mike Brown menjadi pelatih terbaik NBA musim ini. Pelatih Sacramento Kings itu menang telak atas Mark Daigneault (Oklahoma City Thunder) dan Joe Mazzulla (Boston Celtics). Brown mendapat suara sempurna sebagai urutan pertama dari 100 anggota panel.

“Salah satu alasan kedatangan saya di sini adalah untuk membimbing tim ini. Penghargaan ini tidak sering didapatkan sehingga saya sangat menghargainya. Saya menghargai berada di Sacramento, para penggemar dan kota ini sangat fantastis,” kata Brown dalam laman resmi NBA.

Baca juga: Mike Brown Jadi Pelatih Terbaik Versi NBCA

Penilaian itu memang tidak berlebihan. Brown membawa Kings lolos babak playoff setelah 17 tahun. Tidak hanya lolos. Kings menjadi unggulan ketiga Wilayah Barat dengan rekor 48-34, terbaik ketujuh dalam liga. Kings juga menjadi tim dengan rata-rata poin tertinggi di liga tim dengan kemenangan tandang terbaik di Wilayah Barat. Selain itu, mereka menjadi juara divisi pertama sejak 2003 silam.

Sebelumnya Brown dipilih sebagai pelatih terbaik oleh 30 pelatih liga yang tergabung dalam NBCA. Gelar Coach of the Year ini menjadi yang kedua bagi Brown. Ia pernah menyabet Coach of the Year 2008-09 saat masih menangani Cleveland Cavaliers pada era LeBron James. Saat itu Brown membawa Cavs meraih rekor 66-16.

Baca juga: Clutch Player of the Year Pertama Jadi Milik De’Aaron Fox

Dengan raihan itu, Brown menjadi pelatih ke-11 NBA yang menjadi pelatih terbaik lebih dari sekali. Ia bersanding dengan Pat Riley, Gregg Popovich, dan Don Nelson yang masing-masing memenangkan penghargaan itu tiga kali. Serta Gene Shue, Bill Fitch, Hubie Brown, Cotton Fitzsimmons, Mike D'Antoni, Tom Thibodeau, dan Mike Budenholzer yang dua kali menjadi pelatih terbaik.

Kemenangan Brown semakin membuat Kings bersinar. Ini merupakan momen besar ketiga Kings dalam kurun waktu tiga hari. Pada Senin (17/4) mereka unggul 2-0 dari Golden State Warriors di babak pertama playoff. Kemudian pada Selasa (18/4) De’Aaron Fox dinobatkan sebagai Clutch Player of the Year, gelar individu perdana Kings sejak 2010.

Kejutan Kings tidak akan berhenti sampai di sini. Mereka akan mencoba menjegal juara bertahan Warriors di gim ketiga di Chase Center besok WIB. Brown sendiri pernah menjadi asisten pelatih Steve Kerr di Warriors pada 2016-2022. (rag)

Foto: ESPN

Komentar