IBL

De’Aaron Fox dinobatkan sebagai Clutch Player of the Year pada Kamis (18/4) waktu setempat. Garda Sacramento Kings itu menjadi pemain pertama yang mendapat trofi Jerry West Award. Kategori tersebut merupakan penghargaan individu baru musim ini. Clutch Player of the Year diberikan kepada pemain yang memiliki performa bagus dalam masa-masa genting.

“Kalian tidak boleh takut gagal. Jelas, kalian tidak akan selalu berhasil melakukan setiap tembakan. Tetapi rekan setim saya, pelatih, mereka terus mendorong saya untuk mencapai keberhasilan. Jadi, yang paling bisa saya lakukan adalah menjaga kepercayaan diri untuk mengambil kesempatan yang bagus,” kata Fox kepada TNT saat menerima penghargaan itu.

Fox menjadi pemain pertama yang meraih pemenang pertama dalam penghargaan individu Kings setelah 13 tahun. Terakhir kali capaian itu diperoleh Tyreke Evans saat mengalahkan Stephen Curry sebagai Rookie of the Year 2010. Tidak hanya Fox. Pelatih Mike Brown diprediksi juga menerima Coach of the Year 2023 yang akan diumumkan pada besok.

Fox mengalahkan finalis lainnya yaitu Jimmy Butler (Miami Heat) dan DeMar DeRozan (Chicago Bulls). Fox mendapatkan 91 dari 100 suara untuk posisi pertama dengan raihan 460 dari 500 poin. Sedangkan Butler di posisi kedua dengan total 104 poin. DeRozan berada di posisi terakhir dengan 80 poin.

Dalam klasemen clutch poin di liga, Fox berada di puncak dengan raihan 194 poin dalam 39 pertandingan. Posisi kedua ditempati oleh DeMar dengan 159 poin dari 34 gim. Butler sendiri berada di posisi ketiga terpaut delapan poin dari DeMar.

Dari pengertian NBA sendiri clutch poin diartikan sebagai saat kedua tim berjarak tidak sampai 10 poin dengan sisa waktu di bawah lima menit. Fox menembak lebih baik pada momen tersebut dengan field goals 53 persen. Sedangkan akurasi pemain 25 tahun itu sebesar 51 persen pada waktu yang lainnya.

Fox juga menjadi salah satu pemain yang berkontribusi besar atas kebangkitan Kings musim ini. Untuk pertama kalinya mereka lolos playoff setelah 16 tahun. Mereka menjadi unggulan ketiga Wilayah Barat (48-34). Saat ini Kings juga unggul 2-0 dari Golden State Warriors di babak pertama playoff. (rag)

Foto: Yahoo Sports

Komentar