IBL

NBA menjatuhkan hukuman skorsing 30 gim untuk Miles Bridges. Pada musim ini Bridges berstatus agen bebas. Karena tidak memiliki klub, Bridges telah melewatkan 82 gim di musim reguler. Untuk itu NBA menganggap Bridges sudah menjalani 20 gim masa skorsingnya. Artinya jika Bridges mendapat kontrak baru musim depan, ia akan melewatkan 10 gim lagi tanpa bayaran.

Meski Bridges bukan pemain aktif NBA karena tidak terikat dengan sebuah klub, liga tetap berhak untuk memberi hukuman berupa skorsing, denda, memberhentikan, atau mendiskualifikasi pemain jika ia menandatangani kontrak dengan tim. Hal ini berdasarkan aturan dari collective bargaining agreement (CBA).

Pemain berusia 25 tahun itu dihukum karena kasus kekerasan rumah tangga. Insiden itu terjadi sekitar Juni 2022 di Los Angeles. Bridges didakwa atas tuduhan tindak pidana kekerasan domestik. Dilansir melalui laman ESPN, Bridges dituduh menyerang pacarnya di depan anak-anak mereka.

Ia ditangkap oleh Kepolisian Los Angeles pada 29 Juni 2022. Bridges dibebaskan dengan jaminan AS$130 ribu. Pada 3 November 2022 Bridges mengajukan pembelaan dan tuduhan tersebut akhirnya dibatalkan

Tetapi bagi NBA masalah belum berakhir. Dalam rilis resmi NBA pada Jumat (14/4) waktu setempat, liga melakukan penyelidikan sendiri atas masalah ini. Mereka meninjau semua materi, termasuk melakukan wawancara dengan para saksi dan pihak-pihak yang terlibat. NBA juga berkonsultasi dengan para pakar dari kelompok anti kekerasan domestik untuk memberi paduan dalam menangani kasus seperti ini.

“Skorsing 30 pertandingan berdasarkan pada semua fakta dan keadaan dari masalah ini. Dengan mempertimbangkan perilaku dan hasilnya, serta dampak dari masalah pidana diantara faktor-faktor yang lainnya,” tulis NBA dalam laman resminya.

Bridges terakhir kali bermain pada musim 2021-22 bersama Charlotte Hornets. Pada musim tersebut Bridges bermain 80 kali dengan rerata 20,2 poin, 7,0 rebound, dan 3,8 asis dengan waktu 35,5 menit per gim. Karena kasus kekerasan itu, Hornets tidak memperpanjang kontrak Bridges. Kasus itu juga membuatnya kesulitan menemukan tim baru. (rag)

Foto: NBC Sports

Komentar