IBL

Barang-barang memorabilia Michael Jordan terus mencatat rekor. Sepasang sepatu Air Jordan 13 (AJ13) terjual dengan harga AS$2,2 juta atau senilai Rp32,7 miliar di rumah lelang Sotheby’s, New York. Ini merupakan harga tertinggi untuk sepasang sepatu yang pernah dilelang.

“Hasil pemecahan rekor ini semakin membuktikan bahwa permintaan memorabilia Michael Jordan terus mengungguli semua harapan,” kata Kepala Bagian Streetwear dan Koleksi Modern Sotheby’s Brahm Wachter pada Selasa (11/4) waktu setempat.

AJ13 berwarna hitam dan merah itu dikenakan Jordan saat Gim 2 Final NBA 1998 di Salt Lake City. Itu menjadi sepatu terakhir yang ia gunakan dalam pertandingan atau juga dikenal dengan “Last Dance”, judul film dokumenter tentang musim terakhir Jordan.

Dalam pertandingan tersebut Jordan mencetak 37 poin, 5 rebound, dan 3 asis. Ia membawa Chicago Bulls meraih kemenangan krusial 93-88 atas Utah Jazz dan menyamakan kedudukan 1-1. Pada akhirnya Bulls memenangkan gelar dengan skor akhir 4-2. Jordan meraih gelar keenam dan sekaligus terakhirnya. Ia juga dinobatkan sebagai MVP NBA Finals 1998.

Penjualan AJ13 itu juga memecahkan rekor sebelumnya yang dipegang oleh Jordan sendiri yaitu sepasang sepatu Nike Air Ships yang terjual dengan harga AS$1,47 juta pada September 2021 lalu. Sepatu tersebut dikenakan Jordan saat pertandingan musim reguler pada awal kariernya. Barang tersebut juga menjadi sepatu pertama yang terjual dengan harga lebih dari AS$1 juta di rumah lelang.

Baca juga: AJ13 Final NBA 1998 Diprediksi Bakal Jadi Sepatu Termahal yang Pernah Dilelang

Pada saat yang sama, jersey yang dikenakan Jordan pada Game 1 NBA Final 1998 itu terjual AS$10,091 juta dan menjadi item olahraga termahal sepanjang masa. Satu-satunya barang koleksi yang bisa menyaingi harga tersebut adalah kartu topps Mickey Mantle dengan harga AS$12,6 juta yang terjual pada Agustus 2022.

Sotheby’s mengatakan AJ13 tersebut telah ditandatangani oleh Jordan dan diberikan kepada ball boy usai pertandingan pada 25 tahun silam. Itu sebagai hadiah karena ball boy tersebut telah menemukan jaket Jordan yang hilang. Sotheby’s tidak menjelaskan dari mana mendapatkan AJ13 itu termasuk pembeli yang menawar dengan harga tertinggi tersebut.

Rekor tersebut tercipta kurang dari seminggu setelah peluncuran film “AIR”. Film yang disutradarai oleh Ben Affleck itu mengisahkan tentang awal mula sepatu Air Jordan dan usaha Nike untuk mencapai kesepakatan pemain yang nantinya menjadi legenda NBA itu. (rag)

Foto: Sotheby's Auction, NBA

Komentar