IBL

Pelita Jaya Bakrie Jakarta menang 78-61 atas West Bandits Solo, dalam lanjutan seri kelima IBL Tokopedia 2023, di Knight Stadium, Minggu (12/3) malam. Kemenangan Pelita Jaya ini sekaligus menghentikan tren positif West Bandits, setelah sapu bersih di Solo. DaShaun Wiggins membantu Pelita Jaya memenangkan pertandingan ini. 

Pelita Jaya awalnya tertinggal 28-31 dari West Bandits di babak pertama. Tapi mereka mencetak 50 poin di babak kedua, yang membuat West Bandits kewalahan. Akurasi tim asuhan Djordje Jovicic meningkat sejak kuarter kedua. Diakui Andakara Prastawa Dhyaksa, bahwa mereka terlalu santai di awal. 

"Kurang agresif di awal laga. Kami juga buru-buru dalam menyerang. Kemudian di babak kedua kami bisa mengembalikan ritme permainan. Juga pemain asing baru kami bisa lebih beradaptasi dengan permainan tim ini," kata Prastawa, usai pertandingan.

Prastawa mencetak 21 poin, 5 rebound, dan 6 asis. Prastawa bermain selama 37 menit. Prastawa juga menyebut bahwa DaShaun Wiggins mulai menyatu dengan tim setelah di kuarter ketiga. Wiggins di laga debutnya mencetak 16 poin, 9 rebound, plus 3 steal. Dia adalah pemain asing baru yang menggantikan Michael Laster. 

Wiggins bukan pemain asing baru di IBL. Karena dia sempat bermain dua musim bersama NSH (sekarang Mountain Gold Timika). Wiggins jelas bisa diharapkan Pelita Jaya. Karena di musim 2018-2019 Wiggins mencetak rata-rata 22,9 poin dalam 20 pertandingan, dan di musim 2020, dia mencetak rata-rata 19,3 poin dalam 13 pertandingan. Wiggins masuk lima besar pencetak rata-rata poin terbanyak di liga musim 2018-2019. Jadi wajar kalau Pelita Jaya berharap banyak dari kedatangannya. 

Hasil ini merupakan kemenangan kedelapan beruntun Pelita Jaya sekaligus ke-14 dari 16 gim. West Bandits yang di empat gim sebelumnya selalu menang, harus menelan kekalahan kembali. Secara keseluruhan, mereka memiliki rekor (7-9). (*)

Foto: Hariyanto

Komentar