IBL

Pelatih Memphis Grizzlies mengungkapkan pihaknya telah memperingatkan perilaku Ja Morant saat luar lapangan. Hal itu dilakukan sebelum insiden video siaran langsung Morant pada Sabtu (4/3) di Glendale, Colorado. Dalam video itu Morant melakukan tindakan kontroversi dengan memamerkan senjata api di sebuah klub malam.

“Kami telah melakukan pembicaraan sebelumnya untuk mencoba membantunya agar ia bisa lebih baik secara pribadi maupun sebagai pemain. Pembicaraan ini kami lakukan beberapa waktu yang lalu dan ini adalah proses yang telah kami lakukan,” kata Jenkins dilansir melalui Associated Press pada Kamis (9/3).

Grizzlies berharap seharusnya situasi seperti ini bisa dihindari Morant. Tetapi hal itu tidak terjadi. Kini hukuman Morant justru bertambah. Awalnya hanya diskors dua gim. Kemudian hukuman diperpanjang menjadi empat gim lagi.

Itu berarti Morant bisa kembali paling awal pada 17 Maret mendatang saat melawan San Antonio Spurs. Tetapi itu belum bisa dipastikan. “Pasti ada langkah-langkah yang harus dilakukan secara pribadi dan profesional saat dia berurusan dengan hal seperti ini,” lanjut Jenkins.

Baca juga: Polisi Tak Temukan Bukti Kriminal, Skorsing Ja Morant Ditambah

Grizzlies sempat mengalami tiga kekalahan beruntun. Untungnya mereka bangkit dan mengalahkan Golden State Warriors 131-110 pada Kamis (9/3) di FedEx Forum. Ini adalah kemenangan pertama Grizzlies setelah tiga gim tanpa Morant.

Morant menjadi pemimpin skor Grizzlies. Sebenarnya ia tengah berada di performa yang luar biasa dengan rata-rata 27,1 poin, 6,0 rebound, dan 8,2 asis per gim. Grizzlies juga menjadi unggulan ketiga Wilayah Barat dengan 39-26. Sama dengan Sacramento Kings yang tepat di atasnya.

Untungnya polisi tidak menemukan bukti kuat Morant melakukan pelanggaran hukum. Kepolisian Colorado sempat melakukan investigasi terhadap Morant. Meski kepemilikan senjata diperbolehkan di AS, tapi bisa menjadi tindakan kriminal jika pemilik dalam keadaan mabuk.

Tetapi penyelidikan NBA masih berlangsung. Liga memiliki aturan bahwa pemain tidak boleh memakai senjata api saat bersama tim atau sedang melakukan perjalanan dengan tim. Artinya kasus Morant belum selesai. (rag)

Foto: Sport Rush

Komentar