IBL

Memphis Grizzlies akan menatap musim 2023-2024 dengan penuh liku. Mereka tanpa bintang utamanya Ja Morant yang terkena skors 25 gim. Pelatih Grizzlies Taylor Jenkins berharap Ja tetap bisa latihan bersama tim selama masa skorsing.

Dalam wawancara dengan Steve Aschburner dari NBA saat pertemuan National Basketball Coaches Association di Chicago beberapa waktu lalu, Jenkins menjawab pertanyaan seputar ketersediaan Ja menggunakan fasilitas latihan tim selama masa skorsing.

“Masih ada detil yang perlu kami ketahui. Kami berharap Ja bisa berada di tim sebanyak mungkin. Namun, kami masih perlu pembicaraan dengan NBA apa yang bisa dilakukan nanti,” kata Jenkins.

Skors 25 itu membuat Ja paling tidak baru bisa tampil lagi menjelang Natal. Tetapi Jenkins tidak ingin risau. Situasi itu pernah dihadapi pada Maret 2023 lalu. Saat itu Ja juga diskors dengan kasus yang sama (memamerkan senjata api di media sosial) dalam enam gim.

“Kami selalu bicara tentang standar kami sebagai sebuah tim. Ini bukan satu individu. Jelas, absennya Ja selama 25 pertandingan, kami telah membicarakan tentang apa yang akan terjadi. Tetapi tidak ada yang berubah dalam hal persiapan. Termasuk Ja sendiri,” kata pelatih berusia 39 tahun.

Jenkins menjelaskan semua pemain, tanpa terkecuali, masuk daftar persiapan kamp pelatihan. Baik itu yang kena skors, mendapat rotasi, atau sedang cedera. Menurut Jenkins ini merupakan mentalitas yang harus dijaga.

Sementara itu Ja telah mengakhiri puasa media sosial. Ia mengunggah cuitan pertama di X (dulunya Twitter) pada Jumat (22/9) lalu. Ja hanya menulis empat kata yaitu “y’all just be talkin.”

Musim lalu Grizzlies menjadi peringkat kedua Wilayah Barat dengan rekor menang-kalah 51-31. Tetapi perjalanan mereka terhenti di babak pertama playoff. Grizzlies tersingkir oleh Los Angeles Lakers dalam enam gim.

Grizzlies akan memulai kamp pelatihannya pada 3 Oktober mendatang. Mereka menjalani laga pramusim melawan Indiana Pacers (8/10), Milwaukee Bucks (10/10 dan 21/10)), Atlanta Hawks (12/10), dan Miami Heat (15/10). Setelah itu Grizzlies mengawali musim melawan New Orleans Pelicans pada 26 Oktober 2023.

Pada musim ini Grizzlies mengalami perubahan roster cukup signifikan. Mereka menukara Dillon Brooks dan Tyus Jones. Kemudian menambah Marcus Smart, Derrick Rose., dan Isaiah Todd. (rag)

Foto: NBA

Komentar