IBL

Sanksi larangan bermain delapan gim telah dijalani Ja Morant. Jika sesuai dengan sanksi awal, Morant seharusnya bisa tampil saat gim kandang Memphis Grizzlies melawan Dallas Mavericks pada Senin (20/3) atau Selasa WIB. Tetapi hal itu tidak dilakukan Grizzlies.

“Dia akan bergabung dengan latihan besok. Kami berharap dia bisa kembali pada hari Rabu. Selama semua hasil pemeriksaan medisnya beres,” ujar pelatih Grizzlies Taylor Jenkins dilansir melalui ESPN.

Grizzlies memutuskan tidak memainkan Morant pada Senin itu untuk memberinya waktu penyesuaian. Seperti yang diketahui, Morant telah absen selama lebih dari dua minggu. Sebanyak 1,5 minggu ia habiskan menjalani sesi konseling di Florida.

Baca juga: Pelatih Grizzlies Siapkan Ja Morant Secara Fisik dan Mental

Selama sesi konseling itu, Moran juga sempat bertemu Komisaris NBA Adam Silver. “Dia telah menyatakan penyesalan yang tulus atas perilakunya. Ja juga menjelaskan kepada saya bahwa ia belajar atas insiden ini dan memahami tanggung jawabnya kepada klub dan komunitas NBA melebihi apa yang ia lakukan di lapangan,” kata Silver.

Pada 15 Maret lalu NBA mengumumkan bahwa Morant diskors tanpa bayaran karena perilakunya merugikan liga. Kasus pemain berusia 23 tahun itu bermula saat ia melakukan sesi siaran langsung di Instagram. Dalam video yang diunggah pada 3 Maret itu memperlihatkan membawa senjata api di sebuah klub malam di Denver.

 Dalam sesi wawancara dengan Jalen Rose dari ESPN, Morant mengatakan bertanggung jawab penuh atas aksinya itu. Tetapi ia menyanggah kepemilikan senjata api itu. “Pistol itu bukan milik saya. Saya tidak bisa memaafkan kekerasan dalam bentuk apapun. Tapi melakukan kesalahan besar dan bertanggung jawab penuh atas tindakan itu,” ungkapnya.

Selama Morant absen. Grizzlies mampu bertahan di posisi kedua klaseme sementara Wilayah Barat. Terpaut empat kemenangan dari Denver Nuggets. Dari sembilan gim tanpa Morant, Grizzlies meraih enam kemenangan. Termasuk kemenangan terakhir 112-108 atas Mavericks.

Kini Grizzlies (44-27) masih harus bersaing ketat dengan Sacramento Kings untuk berebut posisi unggulan kedua di playoff. Kings meraih rekor 43-28. Setelah tiga kemenangan beruntun, Kings harus tertahan usai kalah 120-128 atas Utah Jazz. (rag)

Foto: NBA

Komentar