IBL

Pada 15 Maret 2023, Ja Morant bertemu dengan Komisaris NBA Adam Silver. Setelah itu, dia menerima skorsing delapan pertandingan tanpa bayaran setelah melakukan perbuatan yang dianggap merugukan liga. Skorsing sudah dilewati, sembari melakukan bimbingan konseling di Florida. Namun pihak Memphis Grizzlies belum yakin untuk kembali memainkan Ja Morant dalam waktu dekat. 

Skorsing terhadap Ja Morant diturunkan setelah muncul video Instagram Live yang diunggah memperlihatkan bintang muda Grizzlies tersebut memegang senjata api di klub malam wilayah Denver, setelah pertandingan melawan Nuggets, 3 Maret 2023. "Perilaku Ja tidak bertanggung jawab, sembrono, dan berpotensi sangat berbahaya," kata Silver dalam pernyataannya, yang dirilis nba.com. 

"Itu juga memiliki konsekuensi serius mengingat followers dan pengaruhnya yang sangat besar, terutama di kalangan penggemar muda yang mengaguminya. Dia telah menyatakan penyesalan dan penyesalan yang tulus atas perilakunya. Ja juga menjelaskan kepada saya bahwa dia telah belajar dari insiden ini dan bahwa dia memahami kewajiban dan tanggung jawabnya kepada Memphis Grizzlies dan NBA yang lebih luas dari sekadar permainannya di lapangan."

Meski sudah bebas dari skorsing dan bisa bermain pada pertandingan melawan Dallas Mavericks, minggu depan. Memphis Grizzlies mengatakan bahwa pemainnya tidak akan kembali ke lapangan dalam waktu dekat. Staf pelatih tim akan berkonsultasi dengan dokter tentang status Morant untuk pertandingan itu. Berbicara kepada wartawan pada hari Minggu, 19 Maret 2023, waktu Indonesia, kepala pelatih Grizzlies Taylor Jenkins mengatakan yakin Morant siap untuk kembali, namun akan diperiksa dulu kondisinya. 

"Morant bisa kembali bermain setelah dia siap secara fisik dan mental. Oleh karena itu, kami akan berkonsultasi dengan beberapa staf dokter," kata Jenkins sambil menunjuk kepalanya lalu hatinya. 

Grizzlies memiliki rekor 4-3 sejak Morant absen. Tapi pelatih Jenkins tidak khawatir. Mereka tetap ada di zona playoffs, sehingga lebih penting baginya untuk mengembalikan kondisi Morant seratus persen. Ketimbang buru-buru memainkan pemain bintangnya, tanpa persiapan yang matang. (*)

Foto: SFGate

Komentar